Lambang Manchester City Yang Membanggakan Itu Dijelaskan Di Sini

Manchester City akan tandang ke Nou Camp Barcelona malam nanti, Kamis dinihari 19/3/2015 pukul 02.45 WIB.

Liga Champions  - Lambang Manchester City Yang Membanggakan Itu Dijelaskan Di Sini
Lambang Kebanggaan Manchester City Dijelaskan Di Sini

Manchester City akan tandang ke Nou Camp Barcelona malam nanti, Kamis dinihari 19/3/2015 pukul 02.45 WIB.

Manchester City memiliki lambang (crest) klub yang membanggakan seperti foto di atas. Tapi apa artinya?

Lambang klub saat ini diadopsi pada tahun 1997 sebagai respons atas lencana sebelumnya yang tidak memenuhi syarat untuk pendaftaran sebagai merek dagang.

Lambang kebanggaan Manchester City yang terbaru ini didasarkan pada lambang kota Manchester, dan terdiri dari sebuah perisai di depan sebuah elang emas.

Elang adalah simbol tua dari kota Manchester. Elang emas pernah ditambahkan ke lencana kota pada tahun 1958 tapi kemudian dihapus lagi sejak saat itu, yang mewakili industri penerbangan yang berkembang.

Lambang Manchester City FC menampilkan gambar kapal pada setengah perisai bagian atas yang mewakili kanal kota Manchester, sebuah kebanggaan kota dan mewakili kebangkitan ekonomi baru, lepas dari ketergantungan pada kota Liverpool.

Liga Champions  - Lambang Manchester City Yang Membanggakan Itu Dijelaskan Di Sini
Lambang Kebanggaan Manchester City Dijelaskan Di Sini

Itulah sebabnya ada rivalitas dengan Liverpool FC, lebih dari permusuhan soal sepak bola tapi juga menyangkut periuk nasi penduduk kedua kota. Pembangunan kanal kota Manchester menyebabkan semua produk bisa dikirim langsung dari pelabuhan Manchester, tak perlu lagi melalui pelabuhan Liverpool seperti semula.

Kalau kamu perhatikan lambang kapal yang sama juga muncul di lambangnya Manchester United. Jadi pembangunan kanal kapal itu memang betul-betul membangun perekonomian kota Manchester.

Tiga garis-garis diagonal di bagian bawah melambangkan tiga sungai kota: Irwell, Irk dan Medlock. Bagian bawah lencana menyandang motto dalam bahasa Latin, “Superbia In Proelia”, yang diterjemahkan sebagai “Kebanggaan dalam Pertempuran”.

Di atas elang dan perisai adalah tiga bintang, yang murni dekoratif, dan bukan melambangkan 30-an gelar juara liga, seperti yang diadaptasi oleh AC Milan dan Juventus untuk 10-an dan 20-an gelar juara yang sudah mereka peroleh di Serie A.

Manchester City yang kini dimiliki oleh Abu Dhabi United Group adalah salah satu klub sepak bola terkaya. Untuk membayangkan kekayaannya, renovasi stadion Santiago Bernabeu milik Real Madrid saja dibantu oleh pemilik Manchester City. Padahal kurang kaya apa klub Spanyol itu?

Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan yang menjadi chairman Manchester City FC adalah ketua International Petroleum Investment Company (IPIC), yang menggunakan kekayaan Abu Dhabi-nya untuk mendanai proyek-proyek di seluruh dunia.

Mereka sekarang akan merenovasi stadion ikonik Santiago Bernabeu itu selama tiga tahun ke depan setelah memastikan ‘kemitraan strategis jangka panjang ‘ dengan Real Madrid.

 

Sepakbola.cc