Liverpool melengkapi sukses tim-tim Inggris di ajang Liga Champions setelah Rabu (12/3) dinihari tadi, Steven Gerrard dan kawan-kawan menekuk tuan rumah Inter Milan 1-0 pada pertandingan perdelapanfinal leg kedua kejuaraan antarklub Eropa itu.

Dengan kemenangan ini Liverpool melaju ke perempatfinal dengan agregat gol kemenangan 3-0 setelah di pertandingan pertama tiga pekan lalu, mereka juga menang dengan skor 2-0. Liverpool menyusuli tiga tim Inggris lainnya yang sudah lebih dulu lolos, yakni Arsenal, Manchester United dan Chelsea.

Inter, yang harus kehilangan Marco Materazzi akibat kartu merah pada pertandingan pertama di Anfield, kembali harus bermain 10 pemain dalam laga kedua di San Siro dinihari tadi, menyusul kartu merah (kartu kuning kedua) yang didapat bek kiri Nicolas Burdisso karena mentekel Lucas Leiva di menit ke 50.

BACA JUGA  Inter Milan Kian Meredup ke Liga Champions

Kehilangan satu pemain belakang praktis membuat keseimbangan permainan Inter menjadi terganggu. Situasi itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Liverpool untuk meningkatkan serangan.

Tekanan Liverpool akhirnya berbuah hasil dengan terjadinya gol kemenangan pada menit ke 64 melalui Fernando Torres yang dengan cermat menyelesaikan umpan tarik Fabio Aurelio di dalam kotak penalti Inter. Itu merupakan gol keempat Torres di ajang Liga Champions musim ini.

“Terlepas dari adanya kartu merah, ini sebuah pertandingan sulit. Tetapi, saya pikir, kami mengendalikan jalannya pertandingan sehingga layak lolos ke babak delapan besar,” tutur kapten Liverpool Steven Gerrard usai pertandingan. “Kami beruntung memiliki Fernando (Torres). Dia hanya butuh satu peluang, seperti ditujukannya malam ini.”
***

BACA JUGA  Liga Champions Bukan Jaminan Zlatan Ibrahimovic Bertahan