Menyedihkan, Tak Ada Klub Inggris di Perempat Final Liga Champions

Berita Liga Champions: Tersingkirnya Arsenal dan keterpurukan Manchester City pekan ini meski pun sudah diduga semula tapi tetap saja mengagetkan.

Liga Champions  - Menyedihkan, Tak Ada Klub Inggris di Perempat Final Liga Champions
Menyedihkan, Tak Ada Klub Inggris di Perempat Final Liga Champions

Berita Liga Champions: Tersingkirnya Arsenal dan keterpurukan Manchester City pekan ini meski pun sudah diduga semula tapi tetap saja mengagetkan.

Berita bola: Kepergian Arsenal dan Manchester City (serta Chelsea pekan silam) menyebabkan tidak ada wakil Inggris di perempat final kompetisi elit Eropa musim ini. Berikut ini adalah lima catatan pada perjuangan terakhir tim-tim Inggris di Eropa.

– Ini adalah kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir Inggris tidak memiliki tim di perempat final Liga Champions. Sebelum 2013, hal yang sama terjadi pada tahun 1996, ketika Blackburn adalah satu-satunya peserta Liga Champions Inggris.

– Selama masing-masing empat musim terakhir, Inggris sukses mengirim tiga tim di perempat Liga Champions. Selama periode empat tahun sebelum itu (2008-11), Inggris memiliki 13 perempatfinalis, lebih dari dua kali negara lain (Spanyol adalah berikutnya dengan enam). Dalam empat tahun dari tahun 2004 hingga 2007, Inggris menempatkan hanya delapan tim di perempat final, nomor dua setelah Italia dengan sembilan tim.

Inggris tetap aman di depan Italia dan Prancis pada sistem koefisien UEFA, tapi dominasi tersebut dalam bahaya jika tren ini berlanjut terus. Selama empat musim terakhir Liga Champions, Prancis memiliki lima perempatfinalis, dua lebih banyak dari Inggris. Bahkan Italia, yang tidak memiliki semifinalis sejak Inter Milan memenangkan gelar pada 2009-10, telah memiliki jumlah yang sama, tiga perempatfinalis seperti Inggris dalam empat musim terakhir.

Liga Champions  - Menyedihkan, Tak Ada Klub Inggris di Perempat Final Liga Champions
Menyedihkan, Tak Ada Klub Inggris di Perempat Final Liga Champions

– Inggris belum pernah mengalahkan tim dari liga-liga top lainnya akhir-akhir ini. Dalam tiga musim terakhir, klub-klub Inggris telah tereliminasi dalam tujuh laga dibandingkan tim-tim Spanyol dan Jerman. Hanya tiga kali tim Inggris berhasil lolos sejak 2013, yakni Chelsea dua kali musim lalu (versus PSG dan Galatasaray) dan Manchester United musim lalu (melawan Olympiakos).

– Inggris dengan begitu tidak akan menjadi semifinalis Liga Champions untuk kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir dan untuk ketiga kalinya dalam enam tahun terakhir, dibandingkan dengan Spanyol empat semifinalis dan Jerman tiga dalam rentang waktu itu (bahkan sebelum menghitung musim ini). Itu kontras dengan periode tiga tahun dari 2007 sampai 2009, ketika Inggris memiliki sembilan dari 12 semifinalis dan empat dari enam finalis.

Sepakbola.cc