Radamel Falcao Cetak Rekor Eropa, Kalahkan Lionel Messi

Radamel Falcao menorehkan sebuah rekor impresif di kompetisi klub Eropa, yang mengalahkan torehan peraih Ballon d’Or lima kali, Lionel Messi.

Radamel Falcao membuktikan diri sebagai salah satu bomber tertajam di dunia. Sebuah rekor impresif ditorehkannya di kompetisi klub Eropa, yang mengalahkan torehan Lionel Messi.

Berita Bola, Liga Champions – Rekor yang dicatat penyerang Monaco AS itu adalah terkait produktivitas gol berbanding dengan jumlah penampilan di kompetisi klub Eropa. Disebutkan bahwa bintang asal Kolombia ini tercatat sebagai striker yang paling efisien dalam sejarah kompetisi klub Eropa.

Seperti dilansir Uefa.com, Falcao memiliki rata-rata mencetak gol tertinggi yakni 0,90 gol per pertandingan, yang terbaik di antara penyerang-penyerang hebat lainnya, termasuk bomber Barcelona Lionel Messi. Bintang Barcelona, Lionel Messi punya rata-rata 0,83 gol per laga.

Dari mana angka rata-rata itu diperoleh? Itu didapat dari jumlah gol yang dicetak Falcao dalam total 50 penampilannya di kompetisi klub Eropa. Dia telah menorehkan 45 gol, terhitung sejak dia masih memperkuat FC Porto, Alletico Madrid dan sekarang AS Monaco. Dia memang sempat bermain di Manchester United dan Chelsea selama dua musim, tapi tidak tampil di kompetisi klub Eropa.

Falcao menambah pundi-pundi golnya menjadi 45 gol, setelah dia menyumbangkan satu gol untuk kemenangan Monaco 3-1 atas Borussia Dortmund di perempatfinal leg kedua yang digelar di Stade Louis II, Kamis (20/4) dinihari WIB. Kemenangan ini sekaligus menuntun klub Ligue 1 Prancis ini melaju ke semifinal dengan agregat gol 6-3.

Dalam laga di depan pendukung sendiri ini, Kylian Mbappe membuka keunggulan Monaco di menit ke-4 dan Falcao memperbesar skor jadi 2-0 di menit ke 17. Dortmund sempat memperkecil ketinggalan lewat gol Marco Reus di menit 48, namun Monaco menambah lagi keunggulannya menjadi 3-1 lewat Valere Germain di menit ke 80.

Bagi Falcao, golnya tersebut adalah yang kelima di Liga Champions musim ini dari enam penampilan. Secara keseluruhan, pesepakbola berusia 31 tahun itu sudah mengemas 45 gol dalam 50 penampilan di kompetisi klub Eropa.

Berikut daftar pencetak gol paling efisien di kompetisi klub Eropa (minimal 20 penampilan):

  • 0,90: Radamel Falcao (Porto, Atletico, Monaco) – 45 gol dalam 50 penampilan
  • 0,87: Gerd Mueller (Bayern Muenchen) – 62 gol dalam 71 penampilan
  • 0,86: Stéphane Guivarc’h (Auxerre, Rennes, Newcastle) – 24 gol dalam 28 penampilan
  • 0,86: Ferenc Puskas (Budapest Honvéd, Real Madrid) – 37 gol dalam 43 penampilan
  • 0,83: Lionel Messi (Barcelona) – 97 gol dalam 119 penampilan
  • 0,83: Alfredo Di Stefano (Real Madrid) – 50 gol dalam 60 penampilan
  • 0,82: Ivan Mraz (Slovan Bratislava, Sparta Praha, Dukla Praha) – 18 gol dalam 22 penampilan
  • 0,82: Jupp Heynckes (Borussia Moenchengladbach) – 45 gol dalam 55 penampilan
  • 0,80: Kees Kist (AZ Alkmaar, Paris Saint-Germain) – 20 gol dalam 25 penampilan
  • 0,80: Denis Law (Manchester United) – 20 gol dalam 25 penampilan
  • 0,80: Kevin Hector (Derby County) – 16 gol dalam 20 penampilan
Sepakbola.cc