RB Leipzig Terancam Gagal Tampil di Liga Champions

3145

Runner up Bundesliga musim ini yakni RB Leipzig mulai terancam gagal tampil di gelaran Liga Champions musim depan.

Liga Champions  - RB Leipzig Terancam Gagal Tampil di Liga Champions

Berita Liga Champions – Runner up Bundesliga musim ini yakni RB Leipzig, terancam gagal tampil di Liga Champions musim depan.

Kondisi tersebut dikarenakan Leipzig saat ini di bawah kepemilikan yang sama dengan juara Liga Austria, Red Bull Salzburg.

Padahal, RB Leipzig sendiri telah menghadirkan sebuab kejutan di Bundesliga musim ini. Di mana, klub tersebut berhasil mengamankan peringkat kedua meski baru menjalani debut di kasta tertinggi sepak bola Jerman itu.

Skuat asuhan Ralph Hasenhuttl itu bahkan sempat memimpin klasemen sementara pada pekan ke-11 hingga pekan ke-13. Meski begitu, mereka tidak pernah keluar dari dua besar sejak pekan kedelapan hingga saat ini.

Hingga Bundesliga tinggal menyisakan satu pekan, RB Leipzig telah mengoleksi 66 poin dari 33 pertandingan. Jumlah poin yang mereka kumpulkan itu mustahil sekali dikejar oleh Borussia Dortmund yang berada satu strip di bawahnya dengan nilai 61 poin.

Berdasarkan aturan UEFA, posisi RB Leipzig cukup untuk mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan. Hal tersebut karena Bundesliga mendapatkan jatah sebanyak empat tiket berlaga di turnamen paling elit di Eropa itu.

Akan tetapi, RB Leipzig bakal terancam tidak dapat tampil di Liga Champions karena Red Bull Salzburg telah berhasil menjuarai Liga Austria. Kedua kesebelasan itu sama-sama berada di bawah naungan dari minuman berenergi, Red Bull.

UEFA melalui regulasi resmi mereka melarang dua kesebelasan yang dimiliki satu perusahaan berlaga di kompetisi sama. Hal tersebut ditujukan untuk menghindari konflik kepentingan.

Regulasi UEFA pasal 5a ayat 3 berbunyi, “Tidak boleh ada kesebelasan yang secara langsung maupun tidak dilibatkan dalam pekerjaan yang berhubungan dengan manajemen, administrasi, dan direktur olahraga di kesebelasan lain dalam kompetisi UEFA.”

Keputusan mengenai nasib RB Leipzig ini baru akan ditentukan oleh UEFA setelah final Liga Champions selesai. Namun jika merujuk pada peringkat UEFA, maka RB Leipzig kemungkinan besar akan tersingkir dari ajang tersebut.