Kekalahan dari Juventus di ajang Seri A Italia Sabtu lalu, tak cuma menutup peluang AS Roma untuk bersaing dengan Inter Milan memburu scudetto, tetapi juga mengurangi rasa percaya diri Francesco Totti dkk jelang pertandingan Liga Champions Selasa (19/2) ini.

Akibat dikalahkan Juventus 1-0 di Delle Alpi, Roma kini makin tertinggal jauh dari Inter Milan. Dari 23 kali bertanding, Inter mengoleksi 29 poin, sedangkan Roma baru mengumpulkan 48 angka dan hanya unggul tipis satu poin di atas Juventus.

Hasil buruk di liga domestik itu sudah pasti akan berpengaruh pada penampilan anak-anak Roma saat menjamu tim kuat Real Madrid dalam laga leg pertama babak perdelapanfinal Liga Champions melawan Real Madrid di Olimpico Selasa malam nanti.

Yang membuat pelatih Roma, Luciano Spalletti, agak risau adalah menurunnya penampilan sang inspirator tim dan kapten, Francesco Totti. Sejak diganggu cedera punggung dan enkel, penampilan Totti terus menurun. Malah dia tak pernah mencetak gol lagi sejak bulan lalu. Parahnya lagi, striker andalan lainnya, Mirko Vucinic, sedang didera cedera paha.

BACA JUGA  Lionel Messi dan Neymar Terancam Gagal Bela Barcelona

“Saya tahu Real Madrid kalah 1-2 dari lawannya Real Betis di Liga Spanyol. Tetapi itu tak membuat saya senang atau optimis dengan pertandingan besok. Real Madrid tim besar dan memiliki pemain-pemain bertalenta,” kata Spaletti kemarin.

Madrid di luar dugaan kalah 1-2 dari Real Betis dalam laga Liga Spanyol Sabtu lalu. Tetapi kekalahan itu tidak menggoyahkan posisi mereka di puncak klasemen sementara liga Spanyol dengan keunggulan lima poin di atas Barcelona.

Pelatih Real Madrid, Bernd Schuster, mengatakan kalau timnya bermotivasi besar merebut kemenangan di Roma. “Ini dua kompetisi yang berbeda. Kami tidak akan tampil seperti melawan Real Betis. Yang pasti kami lebih termotivasi dan lebih fokus menghadapi Roma,” kata Schuster.

BACA JUGA  Inter Milan Kian Meredup ke Liga Champions

Empat pemain pilar Real Madrid dipastikan absen dalam partai tandang ini karena cedera. Mereka adalah Wesley Sneijder, Robinho, Pepe dan Christoph Metzelder.

Perkiraan susunan pemain:
AS Roma: 32-Doni; 2-Christian Panucci, 5-Philippe Mexes, 4 Juan, 22-Max Tonetto; 11-Taddei, 7-David Pizarro, 16-Daniele De Rossi, 30 Mancini, 20-Simone Perrotta; 10-Francesco Totti.

Real Madrid: 1-Iker Casillas; 4-Sergio Ramos, 5-Fabio Cannavaro, 16-Gabriel Heinze, 22-Miguel Torres; 11-Arjen Robben, 14-Guti, 6-Mahamadou Diarra, 19-Julio Baptista, 7-Raul, 17-Ruud van Nistelrooy.

Jadwal Pertandingan:
Selasa (19/2)
Schalke vs Porto
Roma vs Real Madrid
Olympiacos vs Chelsea
Liverpool vs Inter Milan

Rabu (20/2)
Celtic vs Barcelona
Lyon vs Manchester United
Fenerbahce vs Sevilla
Arsenal vs Milan
***