Salzburg dan RB Leipzig, Keduanya Boleh Main di Liga Champions

RB Leipzig dan Salzburg akan tampil di Liga Champions musim depan setelah mendapatkan lampu hijau dari UEFA.

Liga Champions  - Salzburg dan RB Leipzig, Keduanya Boleh Main di Liga Champions

Berita Liga Champions – UEFA telah mengkonfirmasi bahwa RB Leipzig dan Salzburg keduanya bisa berkiprah di pentas ke Liga Champions untuk musim 2017-18.

Ada keraguan apakah kedua klub, yang dimiliki oleh satu pihak yang sama, yaitu Red Bull, akan bisa bersaing dalam satu kompetisi elit sepakbola klub Eropa karena berpotensi melanggar Pasal 5, yang berkaitan dengan integritas kompetisi.

Salzburg berhak tampil di Liga Champions karena dinobatkan sebagai juara Liga Austria, sementara Leipzig menyelesaikan musim Bundesliga yang menakjubkan dengan finis di urutan kedua di belakang juara Bayern Munchen.

Leipzig akan langsung masuk ke babak grup, sementara Salzburg akan bertemu Hibernians atau Tallinn di babak kualifikasi kedua.

“Majelis Ajudansi dari Badan Pengawas Keuangan Klub UEFA (CFCB) telah memutuskan untuk menerima pengakuan FC Salzburg dan RB Leipzig ke Liga Champions 2017/18, setelah menemukan bahwa Pasal 5 (Integritas kompetisi) Peraturan Kompetisi tidak akan dilanggar (oleh kedua klub),” tulis sebuah pernyataan resmi UEFA.

“Setelah penyelidikan menyeluruh, dan selanjutnya untuk beberapa perubahan tata kelola dan struktural yang penting yang dilakukan oleh klub (mengenai masalah perusahaan, pembiayaan, personalia, pengaturan sponsor, dll.), CFCB menganggap bahwa tidak ada individu atau badan hukum yang memiliki pengaruh yang menentukan atas lebih dari satu klub berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA.”

“Keputusan ini dapat diajukan ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga dalam waktu sepuluh hari, sesuai dengan Pasal 34 (2) yang mengatur Badan Pengawas Keuangan UEFA Club – Edisi 2015, serta Pasal 62 dan 63 UEFA tentang Anggaran Dasar.”

“CFCB akan terus memantau kedua klub untuk memastikan bahwa peraturan integritas dihormati ke depannya.”