Barcelona Bersiap Hadapi Denda Rp 1 Milyar

Petugas dari UEFA datang ke Camp Nou tadi malam untuk merekam pengibaran bendera Catalan dan sorakan para suporter selagi lagu kebangsaan Liga Champions diperdengarkan. Mereka mengumpulkan bukti untuk menjatuhkan denda ketiga bagi Barcelona.

Liga Champions  - Barcelona Bersiap Hadapi Denda Rp 1 Milyar
Berita Bola : Petugas dari UEFA datang ke Camp Nou tadi malam untuk merekam pengibaran bendera Catalan dan sorakan para suporter selagi lagu kebangsaan Liga Champions diperdengarkan. Mereka mengumpulkan bukti untuk menjatuhkan denda ketiga bagi Barcelona.

Pendukung Barcelona menyambut pemutaran lagu anthem Liga Champions dengan paduan suara peluit di Nou Camp, Kamis dinihari sebelum bentrokan penyisihan grup melawan BATE selagi pertikaian mereka dengan badan sepak bola Eropa itu terus berlanjut.

UEFA telah dua kali mendenda Barcelona karena pendukung mereka mengibarkan ‘Estelada’, bendera kemerdekaan wilayah Catalan.

Mereka didenda Rp 450 juta setelah final Liga Champions musim lalu dan Rp 600 juta untuk pelanggaran berulang dalam pertandingan musim ini melawan Bayer Leverkusen. Bendera dianggap oleh UEFA menjadi simbol politik yang tidak ada kaitannya dengan sepak bola.

Jika ada denda ketiga, nilainya mungkin melewati Rp 1 Milyar.

Barcelona sudah mengajukan banding untuk kedua jenis sanksi tersebut dan mereka kembali akan bertikai dengan UEFA setelah kelompok-kelompok pro-kemerdekaan Catalan membagikan sekitar 30.000 bendera Esteledas di luar stadion, yang berarti ada jauh lebih banyak bendera Catalan dari insiden-insiden sebelumnya.

Mereka memperlihatkan pembangkangan selagi para pendukung menyoraki lagu kebangsaan Liga Champions. Satu banner besar bertuliskan “Respect”, desakan kepada UEFA untuk menghormati kebebasan berpendapat fans bola, terpampang sepanjang satu sisi Nou Camp.

Delegasi UEFA Karl-Erik Nilsson ada di dalam stadion untuk memotret tampilan pembangkangan itu dan badan itu sekarang akan harus memutuskan apakah jadi mengeluarkan denda ketiga.