Arsenal dan Koln Diselidiki oleh UEFA

  • Tuntutan untuk Arsenal dan Koln telah ditentukan namun UEFA akan terus mendalami insiden dalam laga kedua kesebelasan di Liga Europa.

Hasil Arsenal vs Koln - Liga Europa
Hasil Arsenal vs Koln - Liga Europa

UEFA telah menunjuk inspektor etika dan disipliner untuk menyelidiki alasan penundaan pertandingan Arsenal kontra Koln di kompetisi Liga Europa pekan lalu.

Pertemuan yang terjadi pekan lalu itu dilangsungkan dengan suasana mencekam setelah para suporter tim tamu datang dengan jumlah yang luar biasa banyak.

Karena alokasi tiket untuk para fans Koln terbatas, mereka tetap bisa mendapatkan kursi di tribun pada penonton tim tuan rumah.

Selain itu dilaporkan terjadi beberapa insiden agresi kepada para steward dan ofisial pertandingan.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Jumat (22/09) waktu setempat, UEFA mengumumkan bahwa inspektor yang ditunjuk akan menghubungi kedua klub untuk mengevaluasi tanggung jawab masing-masing perihal adanya insiden di laga tersebut.

Koln pun dikenai sanksi pasal gangguan penonton, menyalakan kembang api, melempar benda dan pengrusakan.

Sementara The Gunners dituduh menutup tangga bagi di tribun tandang para suporter di laga tersebut sehingga sepak mula harus ditunda.

Ternyata bukan hanya kedua klub itu saja yang mendapatkan sorotan dari UEFA dalam beberapa pertandingan terakhir.

Ada Spartak Moscow yang didenda Rp954 juta dan dilarang menjual tiket untuk laga tandang berikutnya karena para suporter menyalakan petasan dan melempar benda ke dalam lapangan di pertandingan Liga Champions.

Sedangkan pelatih Sevilla Eduardo Berizzo yang diusir wasit di laga kontra Liverpool dikenai larangan berada di bangku cadangan selama satu laga.

Lalu ada Hajduk Split yang juga didenda dan membayar denda kepada Everton karena para fans melempar benda-benda ke lapangan, keributan antar penonton, memasuki lapangan dan mengakibatkan kerusakan di babak kualifikasi Liga Europa di Goodison Park.