Siapa Calon Lawan Manchester United ?

  • Manchester United akan masuk bertanding mulai babak 32 besar Liga Europa. Calon lawannya siapa, lihat saja salah satu runner up dari 12 grup yang besok Jumat akan melakoni pertandingan terakhir mereka. Begini perhitungannya ….

Manchester United akan masuk bertanding mulai babak 32 besar Liga Europa. Pengundiannya masih minggu depan, tapi calon lawannya sudah bisa kita intip dari sekarang. Ini dia calonnya ….

Selaku tim yang tersingkir dari babak grup Liga Champions dengan poin lumayan (8), Manchester United termasuk dalam tim unggulan untuk pengundian 32 besar Liga Europa.

Pengundian 32 besar Liga Europa akan dilakukan Senin, 14 Desember 2015. Di situ akan dideretkan para juara dari 12 grup Liga Europa saat ini, plus 12 runner up-nya, plus delapan tim yang tersingkir dari Liga Champions.

Ke delapan tim yang tersingkir keluar dari LIga Champions musim ini adalah FC Porto, Olympiakos, Manchester United, dan Bayer Leverkusen. Selain itu juga Sevilla (juara Liga Europa tahun lalu), Valencia, Galatasaray, dan Shakhtar Donetsk.

Juara-juara grup yang 12 itu bersama dengan Porto, Olympiakos, Manchester United dan Bayer Leverkusen akan menjadi tim unggulan. Sementara para runner up dan empat tim sisa Liga Champions lainnya akan menjadi tim non-unggulan.

Kenapa yang empat jadi tim unggulan? Karena mereka memiliki poin yang lumayan saat tersingkir. Porto misalnya, mengantongi nilai 10, Olympiakos 9, Manchester United 8. Bandingkan dengan Shakhtar Donetsk yang cuma 3 atau Galatasaray 5.

Pos Grp Team Pld W D L GF GA GD Pts Pengundian
1 G Liga Europa  - Siapa Calon Lawan Manchester United ? Porto 6 3 1 2 9 8 +1 10 Unggulan 32 besar
2 F Liga Europa  - Siapa Calon Lawan Manchester United ? Olympiacos 6 3 o 3 6 13 −7 9
3 B Liga Europa  - Siapa Calon Lawan Manchester United ? Manchester United 6 2 2 2 7 7 0 8
4 E Liga Europa  - Siapa Calon Lawan Manchester United ? Bayer Leverkusen 6 1 3 2 13 12 +1 6
5 D Liga Europa  - Siapa Calon Lawan Manchester United ? Sevilla 6 2 o 4 8 11 −3 6 Bukan unggulan 32 besar
6 H Liga Europa  - Siapa Calon Lawan Manchester United ? Valencia 6 2 o 4 5 9 −4 6
7 C Liga Europa  - Siapa Calon Lawan Manchester United ? Galatasaray 6 1 2 3 6 10 −4 5
8 A Liga Europa  - Siapa Calon Lawan Manchester United ? Shakhtar Donetsk 6 1 o 5 7 14 −7 3

Cukup menyedihkan melihat Sevilla tidak masuk unggulan. Padahal mereka adalah juara bertahan Liga Europa selama dua musim berurutan dan masin di Liga Champions pun gara-gara jadi juara musim lalu.

Pengundian babak 32 besar akan dilakukan tanggal 14 Desember dan pertandingan babak 32 besar akan berlangsung pada 18 dan 25 Februari 2015. Jika lolos maka akan ada pengundian untuk babak 16 besar.

Aturan untuk 32 besar Liga Europa mirip dengan 16 besar Liga Champions: tak boleh dari asosiasi bola yang sama atau dari grup yang sama (untuk mereka yang menapak melalui grup Liga Europa).

Kemungkinan calon lawan Manchester United bisa mencakup empat nama non-unggulan di atas (Sevilla, Valencia, Galatasaray, Shakhtar Donetsk), plus Fenerbahce atau Ajax dari Grup A, Sion dari Grup B, Dortmund atau Krasnodar dari Grup C, Midtjylland dari Grup D, Rapid Wien atau Villarreal dari Grup E, Marseille dari Grup F, Saint-Etienne dari Grup G, Sporting CP atau Lokomotiv Moskow atau Besiktas dari Grup H, Fiorentina dari Grup I, Anderlecht dari Gup J dan Sparta Praha dari Grup K.