Boateng, kunci kemenangan Jerman atas Portugal 1-0

12

Bukan Mario Gomez yang patut diacungi jempol atas keberhasilan Jerman mengalahkan Portugal 1-0, Minggu (10/6) dinihari WIB tadi, melainkan bek Jerome Boateng. Berkat penampilan disiplin dan tak kenal kompromi pemain belakang berusia 24 tahun inilah yang membuat bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, gagal memanfaatkan sejumlah peluang emas di depan mulut gawang Jerman. Salah satu aksi terbaik […]

Liga Europa  - Boateng, kunci kemenangan Jerman atas Portugal 1-0Bukan Mario Gomez yang patut diacungi jempol atas keberhasilan Jerman mengalahkan Portugal 1-0, Minggu (10/6) dinihari WIB tadi, melainkan bek Jerome Boateng. Berkat penampilan disiplin dan tak kenal kompromi pemain belakang berusia 24 tahun inilah yang membuat bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, gagal memanfaatkan sejumlah peluang emas di depan mulut gawang Jerman.

Salah satu aksi terbaik Boateng adalah ketika memblok tendangan Ronaldo di menit ke 63. Waktu itu Ronaldo yang menerima umpan terobosan dari Joao Moutinho, dengan akselerasi tinggi menusuk ke dalam kotak penalti. Dalam posisi ideal, Ronaldo melepaskan tembakan. Namun Boateng pada yang tepat dengan sigap mampu menghalau bola dan lepaslah peluang emas Portugal. Ia juga terlihat beberapa kali mencuri bola yang membuat Ronaldo terlihat frustrasi.

Atas penampilan gemilangnya itu, UEFA memberi nilai indeks Boateng sebesar 9,2, yang merupakan penilaian tertinggi dalam duel itu. Penilaian itu merupakan cerminan performa bek Bayern Muenchen itu yang memuaskan di benteng pertahanan Jerman.

Sementara Ronaldo mendapatkan nilai indeks terbaik kedua di bawah Boateng berkat penampilannya yang juga bagus sepanjang pertandingan. Ronaldo tercatat melepas empat tembakan ke gawang dan mengarsiteki tiga peluang kepada rekan-rekan setimnya. Pemain Portugal lainnya, Fabio Coentrao ditempatkan di posisi ketiga di bawah Ronaldo. Beberapa kali ia melakukan pertahanan solid dan mengirim umpan akurat.

Seperti diketahui gol kemenangan Jerman dalam pertandingan Grup B Piala Eropa 2012 yang berlangsung di Stadion Arena Lviv, Minggu (10/6/2012) dinihari WIB tadi dicetak oleh Mario Gomez pada menit ke 72. Gomes menjebol gawang Portugal dengan sundulan memanfaatkan umpan silang Sami Khedira. Sementara dua tembakan Portugal melalui Pepe di babak pertama dan Nani di babak kedua hanya membentur mistar gawang.

Berikut nilai nilai indeks Euro 2012, Jerman vs Portugal
1. Jerome Boateng (Jerman): 9,2
2. Cristiano Ronaldo (Portugal): 9,13
3. Fabio Coentrao (Portugal): 8,91
4. Bastian Schweinsteiger (Jerman): 8,75
5. Holger Badstuber (Jerman): 8,72