Daftar Juara Liga Europa Tersering, Siapa Urutan Pertama dan Kedua?

2845

Berikut ini adalah daftar juara Liga Europa terbanyak. Di urutan satu adalah klub Spanyol, di urutan kedua terbanyak ada 2 klub Italia dan satu Inggris.

Liga Europa  - Daftar Juara Liga Europa Tersering, Siapa Urutan Pertama dan Kedua?

Berita Liga Europa – Berikut ini adalah daftar juara Liga Europa terbanyak. Di urutan satu adalah klub Spanyol, di urutan kedua terbanyak ada 2 klub Italia dan satu Inggris. Siapa?

Manchester United akhirnya sukses menjadi wakil Inggris ke-5 untuk berlaga di Liga Champions musim depan setelah menjuara Liga Europa dan menjadi titel ketiga mereka musim ini

Demi Liga Europa, Jose Mourinho banyak mengorbankan laga Manchester United di Premier League yang akhirnya membuat mereka hanya finish di enam besar klasemen dan gagal meraih tiket Liga Champions dari liga domestik.

Namun pengorbanan mereka tak sia-sia. United tak hanya sukses melaju ke final, namun mereka berhasil menjadi juara Liga Europa untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka setelah di partai puncak sukses membungkam raksasa Belanda Ajax Amsterdam dengan skor 2-0.

Gol-gol United dicetak oleh sepakan jarak jauh Paul Pogba di menit ke-18 sebelum Henrikh Mkhitaryan menggandakan keunggulan di menit ke-48 lewat sepakan saltonya.

Berkat hasil ini United tak hanya memenangi Liga Europa untuk pertama kalinya dalam sejarah, tapi juga sukses kembali ke Liga Champions sebagai wakil kelima Inggris.

Dan berikut kami sajikan daftar tim dengan kolektor gelar Liga Europa terbanyak.

5 Gelar – Sevilla

Raja Liga Europa musim sebelumnya ini merupakan penguasa dalam satu dekade terakhir. Kemenangan hattrick mereka di Liga Europa sejak 2014-2016 dengan di laga terakhir mengorbankan wakil Inggris Liverpool di final membuat mereka total memenangkan 5 trofi hanya dalam 10 tahun, dengan dua gelar lainnya dimenangkan di tahun 2006 dan 2007.

3 Gelar – Juventus, Inter Milan, Liverpool

Finalis Liga Champions tahun ini, yang akan melawan Real Madrid di final, Juventus merupakan tim terbanyak kedua sebagai kolektor Liga Europa dengan memenangkannya pada tahun 1977, 1990, 1993.

Tim Italia lainnya Inter Milan juga mengoleksi 3 gelar yang masing-masing mereka menangkan pada tahun 1991, 1994, 1998, sementara runner up musim lalu Liverpool memenangkannya masing-masing pada tahun 1973, 1976, 2001.

Menariknya ketiga tim tersebut tak hanya sama-sama menang 3 kali, tapi juga masing-masing pernah sekali menjadi runner up, dengan Juventus kalah di final tahun 1995 dari sesama tim Italia Parma dengan skor agregat 2-1, Inter kalah di tahun 1997 dari Schalke dengan adu penalti, dan Liverpool kalah di musim lalu dari Sevilla.

2 Gelar – Borussia Moenchengladbach, Tottenham Hotspur, Real Madrid, IFK Goteborg, Parma, Feyenoord, Porto, Atletico Madrid

Tim Bundesliga Mgladbach pernah dua kali menjadi juara pada tahun 975, 1979 dan juga dua kali menjadi runner up pada tahun 1973 dan 1980, sementara Spurs dua kali menjadi juara pada tahun 1972, 1984 dan sekali menjadi runner up pada tahun 1974.

Selain itu enam tim lainnya masing-masing pernah menjadi juara dua kali tanpa sekalipun kalah di final alias tanpa catatan menjadi runner up, dengan terbaru yang menjadi juara adalah Atletico Madrid pada tahun 2012 dengan mengalahkan rival Spanyol, Athletic Bilbao.

1 Gelar – Chelsea, PSV, Eintracht Frankfurt, Ipswich Town, Bayer Leverkusen, Napoli, Ajax, Bayern Munich, Schalke, Galatasaray, Valencia, CSKA Moskow, Zenit St Petersburg, Shakhtar Donets, Anderlecht, Manchester United

Menariknya bahwa Anderlecht, dan sekarang Ajax, adalah satu-satunya tim peraih satu gelar yang pernah menjadi runner up, dengan semua tim lainnya hanya sekali mencapai puncak Liga Europa dan memenangkannya.