Euro 2012: 4 tersubur, 4 termandul. Siapa?

Prediksi mengenai siapa tim yang akan membuat kejutan dan berpeluang meraih juara Euro 201 juga bisa dilihat dari statistik golnya. Data yang dilihat adalah dari laga selama kualifikasi Euro tahun silam. Dari situ terlihat tim-tim yang paling subur dan tajam barisan penyerangnya, dan mana saja tim yang mandul. Data ini tidak berlaku untuk kedua negara […]

Liga Europa  - Euro 2012: 4 tersubur, 4 termandul. Siapa?

Prediksi mengenai siapa tim yang akan membuat kejutan dan berpeluang meraih juara Euro 201 juga bisa dilihat dari statistik golnya. Data yang dilihat adalah dari laga selama kualifikasi Euro tahun silam. Dari situ terlihat tim-tim yang paling subur dan tajam barisan penyerangnya, dan mana saja tim yang mandul.

Data ini tidak berlaku untuk kedua negara tim tuan rumah, Polanda dan Ukraina, yang karena bertindak sebagai tuan rumah maka tak perlu ikut kualifikasi lagi. Kedua tim itu secara kebetulan adalah juga tim paling lemah menurut ranking FIFA. Ukraina 49, Polandia 75.

Mereka tidak memiliki kesempatan menaikkan rankingnya selama kualifikasi karena langsung lolos ke putaran final.

Empat tim paling lemah secara kuantitas gol yang diciptakan, di luar Polandia dan Ukraina, adalah berturut-turut Yunani dengan 14 gol saja, Ceko 15 gol, Denmark 15 gol, Perancis 15 gol.

Sementara tim terkuat dan tertajam barisan depannya adalah Belanda dengan 37 gol! Menyusul kemudian berturut-turut adalah Jerman 34 gol (Jerman lagi, Jerman lagi!), Swedia 31 gol, dan Portugal 27 gol.

Sekali lagi, ini bukan ukuran pasti-tidaknya sebuah tim juara. Gol selama kualifikasi juga ditentukan dari seberapa lemah tim-tim yang dihadapi mereka. Namun statistik membantu kita berkonsentrasi pada tim-tim yang memiliki peluang terbesar.