Euro 2012: Analisa Grup A, Ceko

12

Republik Ceko saat ini berada di ranking 26 FIFA. Peluang jadi juara Euro 2012: 66 vs 1 Prestasi terbaik EURO: Runner-up Euro 1996 Setelah mencapai semifinal Euro 2004 mereka sejak itu selalu gagal melewati babak penyisihan grup kompetisi apapun, baik di Eropa maupun Piala Dunia. Kali ini mereka juga sebenarnya gagal. Republik Ceko baru bisa […]

Liga Europa  - Euro 2012: Analisa Grup A, Ceko

Republik Ceko saat ini berada di ranking 26 FIFA.

Peluang jadi juara Euro 2012: 66 vs 1

Prestasi terbaik EURO: Runner-up Euro 1996

Setelah mencapai semifinal Euro 2004 mereka sejak itu selalu gagal melewati babak penyisihan grup kompetisi apapun, baik di Eropa maupun Piala Dunia. Kali ini mereka juga sebenarnya gagal. Republik Ceko baru bisa lolos ke putaran final setelah memenangi laga play-off melawan Montenegro. Mereka sebelumnya absen di Piala Dunia 2010.

Kunci dari penampilan mereka nanti bergantung pada Theodor Gebre Selassie, yang juga adalah pemain hitam pertama di timnas Ceko. Ia dikenal karena statistiknya mencuri bola dari sisi kanan pertahanan dan kemudian memberikan umpan-umpan melebar ke sisi kiri lapangan.

Kelemahan Ceko ada di bek tengah dan di lini depan. Milan Baros masih memimpin garis depan, sementara di belakang pemain Hertha Berlin Roman Hubnik adalah titik lemah potensial yang bisa jadi titik masuk serangan lawan.

Pelatih Michal Bilek mengambil kendali menjelang kualifikasi setahun silam dan setelah awal yang penuh eksperimen, ia menetapkan formasi 4-2-3-1.

Para penggemar akan sangat senang jika Ceko bisa lolos dari Grup A dan menapaki kembali hari-hari penuh kemuliaan seperti masa lalu.

Diprediksi timnas Ceko mungkin akan lolos dari grup tapi tersandung di babak selanjutnya, untuk kemudian pulang ke negerinya.