Euro 2012: Analisa Grup A, Polandia

4

Tuan rumah Polandia saat ini di ranking 65 FIFA. Peluang jadi juara: 50 vs 1. Prestasi Euro terbaik: Babak 16 besar Euro 1960. Situasi sama sekali tidak menyenangkan untuk Polandia saat ini. Mereka adalah tim terlemah di Euro 2012 menurut ranking FIFA. Tekanan sebagai tuan rumah menambah runyam. Karena mereka tuan rumah, mereka tidak memiliki […]

Euro 2012: Analisa Grup A, Polandia - berita Liga Europa

Tuan rumah Polandia saat ini di ranking 65 FIFA.

Peluang jadi juara: 50 vs 1.

Prestasi Euro terbaik: Babak 16 besar Euro 1960.

Situasi sama sekali tidak menyenangkan untuk Polandia saat ini. Mereka adalah tim terlemah di Euro 2012 menurut ranking FIFA. Tekanan sebagai tuan rumah menambah runyam. Karena mereka tuan rumah, mereka tidak memiliki kesempatan memperbaiki ranking FIFA-nya karena tak perlu bertanding melalui babak kualifikasi.

Padahal penduduk Polandia menginginkan tim mereka menang dan lolos ke babak selanjutnya. Penampilan mereka di Euro 2008 berakhir di babak penyisihan grup setelah dua kali kekalahan.

Kunci kemenangan Polandia tak pelak lagi terletak pada pemain bintang Robert Lewandowski yang mencetak lebih dari 20 gol untuk juara Jerman musim lalu, Borussia Dortmund. Ia kuat di udara dan mematikan di daerah pertahanan lawan.

Titik lemah tim ini ada di bek tengah karena mereka diizinkan untuk turun ke depan membantu serangan dan meninggalkan ruang yang cukup bagi lawan untuk menerobos pertahanan.

Pelatih Franciszek Smuda mengambil alih posisi setelah Polandia gagal lolos ke Piala Dunia 2010. Tetapi sebagai seorang manajer klub ia dulu pernah berbuat kesalahan dengan mengecam pencarian atas Lewandowski muda sebagai kesia-siaan.

Para penggemar berharap tim bisa maju ke perempat final guna menantang tetangga mereka, Jerman, yang selama beberapa tahun terakhir berhasil menarik bakat-bakat pemain muda Polandia masuk ke Bundesliga.

Tim bisa berkembang atau malah runtuh di bawah dukungan fans tuan rumah di stadion baru mereka di Warsawa.