Euro 2012: Analisa Grup B, Denmark

  • Posisi di FIFA saat ini adalah ranking 10. Peluang jadi juara: 80 vs 1. Prestasi terbaik di Euro: Juara Euro 1992. Harus diingat bahwa pada Euro 1992 itu mereka tidak lolos kualifikasi, namun dipanggil di saat terakhir setelah Yugoslavia tidak bisa pergi karena mengalami perang saudara yang kemudian memecah mereka menjadi sejumlah negara kecil: Bosnia, […]

Liga Europa  - Euro 2012: Analisa Grup B, Denmark

Posisi di FIFA saat ini adalah ranking 10.

Peluang jadi juara: 80 vs 1.

Prestasi terbaik di Euro: Juara Euro 1992.

Harus diingat bahwa pada Euro 1992 itu mereka tidak lolos kualifikasi, namun dipanggil di saat terakhir setelah Yugoslavia tidak bisa pergi karena mengalami perang saudara yang kemudian memecah mereka menjadi sejumlah negara kecil: Bosnia, Serbia, Montenegro, dan Kroasia.

Namun muncul sebagai negara yang paling tidak diunggulkan, mereka berakhir sebagai juara Euro 1992. Apakah hal yang sama akan terulang di 2012?

Denmark adalah satu dari sembilan tim yang pernah memenangkan Piala Eropa dan mereka sangat kuat di babak kualifikasi, kalah hanya sekali dan mengakhiri penampilan di depan tim kuat Portugal. Mereka memiliki nama-nama pemain terkenal dan seorang manajer berpengalaman selama 12 tahun.

Kunci sukses mereka adalah Christian Eriksen. Ia muncul dua kali di Piala Dunia 2010 sebagai pemain pengganti, dan saat ini sudah menjadi pemain starter timnas Denmark. Jika ia bisa terus menerus menyuplai Nicklas Bendtner dengan amunisi yang cukup maka Denmark bisa mengulangi suksesnya di tahun 1992.

Kelemahan timnas Denmark ada pada diri Bendtner. Ia harus didorong untuk memanfaatkan setiap kesempatan untuk menembak ke arah gawang.

Pelatih Morten Olsen membuat lebih dari 100 penampilan sebagai pemain untuk Denmark dan memimpin timnya ke putaran sistem gugur Piala Dunia 2002 dan Euro 2004.

Timnas Denmark menjadi underdog dalam ‘grup maut’ ini meskipun di babak kualifikasi mereka berhasil tampil lebih bagus daripada Portugal.