Euro 2012: Anjing liar dibakar hidup-hidup demi turisme

15

Ukraina telah banyak mendapat kecaman dari organisasi-organisasi penyayang binatang karena telah membunuh ribuan, dan mungkin puluhan ribu kucing dan dan anjing liar dalam rangka mempersiapkan kota-kotanya lebih bersih untuk Euro 2012. Diperkirakan akan ada 1,5 juta turis dari seluruh dunia masuk ke 4 kota utama Ukraina, tempat dilangsungkannya Euro 2012 bersama dengan tetangganya, Polandia. Dan […]

Liga Europa  - Euro 2012: Anjing liar dibakar hidup-hidup demi turisme

Ukraina telah banyak mendapat kecaman dari organisasi-organisasi penyayang binatang karena telah membunuh ribuan, dan mungkin puluhan ribu kucing dan dan anjing liar dalam rangka mempersiapkan kota-kotanya lebih bersih untuk Euro 2012.

Diperkirakan akan ada 1,5 juta turis dari seluruh dunia masuk ke 4 kota utama Ukraina, tempat dilangsungkannya Euro 2012 bersama dengan tetangganya, Polandia. Dan karena menguatirkan kota menjadi kelihatan kotor serta takut binatang-binatang liar itu menggigit para turis, pemerintah berbagai kota sudah memerintahkan “pembersihan.”

Perintah itu dipahami sebagai tindakan menjagal, meracun, menembak, dan membakar hidup-hidup ribuan kucing dan anjing liar di jalanan kota, khususnya di Kiev, Donetsk, Kharkiv, dan Lviv.

Menurut animal-rights-actions.com, selama empat tahun terakhir, setidaknya ada sekitar 50.000 anjing liar yang telah dibakar hidup-hidup, ditembak, dipukuli sampai mati, digantung dan diracun di Ukraina. Tindakan ini untuk memotong kelebihan populasi hewan liar.

Di kota Donetsk saja ada sekitar 7.000 anjing dalam yang dibunuh dalam cara mengerikan, menyakitkan dan tidak manusiawi. Anjing sengaja diracun guna merasakan kematian yang sangat menyakitkan dan menyedihkan, lalu tanpa perasaan dilemparkan ke tempat sampah untuk mati.

Pada 13 November 2011 Departemen Ekologi dan Sumber Daya Alam Ukraina mengumumkan mereka akan segera menghentikan dan melarang pembunuhan anjing liar. Mykola Zlochevsky, sang menteri lingkungan, mengatakan bahwa perubahan akan dilakukan terhadap undang-undang Ukraina mengenai perlakuan terhadap binatang liar. Menteri juga sepakat program konstruksi untuk tempat penampungan hewan baru, yang pertama akan selesai pada Juni 2012, dan pengenalan sebuah undang-undang baru sehingga “wajib untuk setiap walikota untuk menegakkan peraturan baru tersebut atau menanggung risiko menghadapi penuntutan.”

Menurut para penyayang binatang, seharusnya ribuan anjing dan kucing liar itu disterilisasikan dan kemudian dilepas di kawasan minim populasi manusia.