Euro 2012: Belanda lemah di posisi bek kiri

  • Sejak ditinggalkan Giovanni van Bronckhorst yang pensiun usai Piala Dunia 2010 lalu, Belanda tidak punya pemain yang mumpuni untuk mengisi posisi bek kiri. Hal inilah yang menjadi kerisauan pelatih Bert van Marwijk jelang Euro 2012 yang mulai digelar 8 Juni ini di Polandia-Ukraina. Yang membuat Van Marwijk tambah risau adalah karena Erik Pieters, pemain yang […]

Sejak ditinggalkan Giovanni van Bronckhorst yang pensiun usai Piala Dunia 2010 lalu, Belanda tidak punya pemain yang mumpuni untuk mengisi posisi bek kiri. Hal inilah yang menjadi kerisauan pelatih Bert van Marwijk jelang Euro 2012 yang mulai digelar 8 Juni ini di Polandia-Ukraina.

Yang membuat Van Marwijk tambah risau adalah karena Erik Pieters, pemain yang dia andalkan untuk mengisi posisi bek kiri itu, tak bisa tampil di Euro 2012 akibat cedera.

“Kehawatiran terbesar saya adalah di posisi bek kiri. Kami kehilangan Giovanni van Bronckhorst yang sekarang sudah pensiun, sedangkan penggantinya Erik Pieters mengalami cedera,” ungkap Van Marwijk dalam jumpa pers seusai Belanda menekuk Irlandia Utara 6-0 dalam laga ujicoba di Amsterdam, Sabtu (2/6) malam.

Untuk mengisi kekosongan di sektor bek kiri itu, Van Marwijk menyiapkan tiga pemain, yaitu Jetro Willems, Stijn Schaars dan Wilfred Bouma. Sayangnya, itu bukan pilihan yang terbaik. Soalnya Willems masih muda dan sangat minim pengalaman, sementara Schaars masih butuh waktu untuk penyesuain posisi, karena posisi ideal dia adalah bek kanan. Sedangkan Bouma adalah bek tengah.

“Jetro Willems masih muda dan harus banyak belajar, Stijn Schaars harus membiasakan diri dengan posisi itu dan Wilfred Bouma adalah opsi lain yang tersedia,” kata Van Marwijk.

Dalam ujicoba melawan Irlandia Utara tadi malam, Robin van Persie dan Ibrahim Afellay masing-masing mencetak dua gol, sedangkan Wesley Sneijder dan Ron Vlaar masing-masing menyumbangkan satu gol.