Euro 2012, Belanda vs Denmark: Marwijk tak remehkan Denmark

18

Walau timnya difavoritkan menang atas Denmark dalam laga pertama Grup B Piala Eropa 2012, Sabtu (9/6) malam WIB nanti, pelatih Belanda  Bert van Marwijk tak mau meremehkan Denmark. Menurut dia, status favorit bukan jadi jaminan timnya akan memenangi laga nanti. “Banyak yang bilang mereka adalah underdog dan saya pikir juga begitu, tapi itu bukan berarti […]

Liga Europa  - Euro 2012, Belanda vs Denmark: Marwijk tak remehkan DenmarkWalau timnya difavoritkan menang atas Denmark dalam laga pertama Grup B Piala Eropa 2012, Sabtu (9/6) malam WIB nanti, pelatih Belanda  Bert van Marwijk tak mau meremehkan Denmark. Menurut dia, status favorit bukan jadi jaminan timnya akan memenangi laga nanti.

“Banyak yang bilang mereka adalah underdog dan saya pikir juga begitu, tapi itu bukan berarti ini akan mudah untuk kami,” kata Van Marwijk di situs resmi UEFA.

“Saya pikir, ini akan jadi laga yang sangat sulit. Kami bermain melawan mereka dua tahun lalu dan sangat sulit untuk membuat perbandingan. Dua tahun lalu segalanya baru untuk kami, untuk saya, dan untuk pemain. Dan kini tentu semuanya berbeda. Denmark pasti juga mengalami kemajuan,” tambahnya.

Striker Belanda Dirk Kuyt sependapat dengan Marwijk. Menurut dia, performa Denmark jauh lebih dibandingkan ketika di Piala Dunia 2010 lalu. “Denmark banyak meningkat sejak Piala Dunia 2010 lalu. Mereka memenangi lima dari enam pertemuan melawan Portugal. Hal itu mengindikasikan Denmark merupakan tim yang kuat dan konsisten,” kata Kuyt.

Sementara pelatih Denmark, Morten Olsen, mengaku senang timnya ditempatkan sebagai underdog.
“Ini adalah pertandingan melawan salah satu favorit di turnamen ini dari sudut pandang kami, jadi tentu Belanda adalah favorit,” ujar Olsen. “Sebagai underdog, kami senang menerimanya. Kami akan bisa bermain lepas.”

Lima pertemuan terakhir kedua tim:
1. Juni 2010, Belanda 2-0 Denmark (Piala Dunia 2010)
2. Mei 2008, Belanda 1-1 Denmark (Persahabatan)
3. November 2001, Denmark 1-1 Belanda (Persahabatan)
4. Juni 2000, Denmark 0-3 Belanda (Piala Eropa 2000)
5. Agustus 1999, Denmark 0-0 Belanda (Persahabatan)