Euro 2012: Fans Rusia dan Polandia bisa bunuh-bunuhan

  • Grup A Euro 2012 adalah grup yang paling tidak layak tonton menurut redaksi gilabola.com karena ranking timnas di sana paling rendah, dan pemainnya yang terlibat di dalamnya juga paling tidak komersial secara nilai. Tapi siap-siaplah bahwa grup ini akan paling banyak masuk berita di CNN dan BBC. Soalnya cukup sederhana, yakni ada demo setiap tanggal […]

Liga Europa  - Euro 2012: Fans Rusia dan Polandia bisa bunuh-bunuhan

Grup A Euro 2012 adalah grup yang paling tidak layak tonton menurut redaksi gilabola.com karena ranking timnas di sana paling rendah, dan pemainnya yang terlibat di dalamnya juga paling tidak komersial secara nilai.

Tapi siap-siaplah bahwa grup ini akan paling banyak masuk berita di CNN dan BBC. Soalnya cukup sederhana, yakni ada demo setiap tanggal 10 di depan istana presiden di ibukota Polandia, Warsawa.

Memangnya kenapa? Demo itu disebut sebagai “demonstrasi Smolensk,” merujuk pada peristiwa jatuhnya pesawat kepresidenan yang berakibat tewasnya seorang presiden Polandia beberapa tahun silam di dekat perbatasan kedua negara. Banyak yang percaya ini adalah ulah intel-intel Rusia. Para pedemo sudah sering memasang banner dan berteriak bahwa Putin adalah pelaku pembunuhan presiden Polandia.

Masalahnya, istana kepresidenan Polandia letaknya berdekatan dengan Hotel Bristol, markas timnas Rusia. Sudah tentu di sana akan berkumpul ribuan fans Rusia, dan juga puluhan wartawan Rusia.

Tanggal 10 Juni 2012 yang akan menjadi saat demo berikutnya adalah dua hari sebelum laga Polandia vs Rusia di Grup A. Laga itu akan dihadiri Presiden Vladimir Putin, yang akan duduk di ruang VIP National Stadium di Warsawa.

Bagaimanakah perasaan para fans Rusia, dan juga para pembantu presiden, melihat spanduk dan teriakan mengecam Putin dilangsungkan hanya beberapa puluh meter dari kediaman timnas Rusia?

Polisi Warsawa sudah melihat tanggal 10 Juni 2012 sebagai salah satu potensi konflik antara kedua fans, baik di dalam stadion maupun di jalanan Warsawa.

Grup paling layak tonton di Euro 2012
Tim paling goblok dalam sejarah Euro
Tim tersukses sepanjang sejarah Euro
Top scorer sepanjang sejarah Euro
Astagaaa! Lampard cedera!