Euro 2012: Grup sial dan grup hoki

  • Dari 16 peserta putaran final Piala Euro 2012, siapakah yang paling tinggi rankingnya di jajaran FIFA? Siapa yang terendah? Siapa yang masuk 10 besar FIFA? Bagaimana dengan posisi dua tuan rumah: Polandia dan Ukraina? Daftar ranking selengkapnya menurut grup: Grup A: Polandia rank 65, Yunani 14, Rusia 11, Ceko 26. Di luar keunggulannya sebagai tuan […]

Dari 16 peserta putaran final Piala Euro 2012, siapakah yang paling tinggi rankingnya di jajaran FIFA? Siapa yang terendah? Siapa yang masuk 10 besar FIFA?

Bagaimana dengan posisi dua tuan rumah: Polandia dan Ukraina?

Daftar ranking selengkapnya menurut grup:

Grup A: Polandia rank 65, Yunani 14, Rusia 11, Ceko 26. Di luar keunggulannya sebagai tuan rumah, Polandia jelas menghadapi tugas yang sama sekali tidak mudah. Menjadi tuan rumah tapi tidak diunggulkan untuk lolos. Sedih banget.

Grup B: Belanda rank 4, Denmark 10, Jerman 2, Portugal 5. Tak heran jika grup ini dijuluki grup neraka. Sepuluh besat timnas terbaik dunia berkumpul di grup ini. Tentu saja Jerman dan Belanda favorit lolos ke babak berikutnya, tapi Portugal dikenal suka memberi kejutan. Dan Denmark dalam sejarahnya suka mencuri peluang.

Ingat Euro tahun 1992. Denmark waktu itu tidak lolos babak kualifikasi, namun mereka diundang masuk setelah Yugoslavia yang sebenarnya lolos tengah dilanda perang saudara (dan pecah menjadi Bosnia, Montenegro, Serbia, dan Kroasia). Apa hasilnya? Siapa juaranya? Denmark!

Grup C: Spanyol rank 1, Italia 12, Republik Irlandia 18, Kroasia 8. Di sini sebenarnya Italia agak menyedihkan. Posisinya masih di bawah Kroasia. Teoritis Spanyol akan lolos ke babak berikutnya dengan mudah.

Grup D: Ukraina 50, Swedia 17, Perancis 16, Inggris 7. Mestinya The Three Lions bisa lolos ke babak selanjutnya. Apalagi pemain yang merumput di Liga Inggris paling banyak berpartisipasi di Euro 2012. Liga Inggris tercatat sebagai liga terbaik dunia. Ukraina sekali lagi berlaku sebagai tuan rumah yang tidak diunggulkan.

Tim tersukses sepanjang sejarah Euro
Tim paling goblok dalam sejarah Euro
Top scorer sepanjang sejarah Euro