Euro 2012: Analisa Grup C, Kroasia

15

Posisi Kroasia saat ini ranking 8 FIFA. Peluang jadi juara: 50 vs 1. Prestasi terbaik: Perempat final Euro 1996 dan 2008. Kroasia adalah salah satu negara pecahan Yugoslavia. Berhasil masuk Euro 2012 karena menang play-off vs Turki. Laga itu sekaligus membalas dendam mereka atas kekalahan di perempat final Euro 2008 dari Turki. Di Grup C […]

Liga Europa  - Euro 2012: Analisa Grup C, Kroasia

Posisi Kroasia saat ini ranking 8 FIFA.

Peluang jadi juara: 50 vs 1.

Prestasi terbaik: Perempat final Euro 1996 dan 2008.

Kroasia adalah salah satu negara pecahan Yugoslavia. Berhasil masuk Euro 2012 karena menang play-off vs Turki. Laga itu sekaligus membalas dendam mereka atas kekalahan di perempat final Euro 2008 dari Turki.

Di Grup C ini Italia dan Spanyol lebih difavoritkan lolos dari penyisihan grup daripada Kroasia, namun mereka berusaha membuat sejarah baru.

Pemain kunci dari tim Kroasia adalah Luka Modric, pemain tengah Tottenham yang sedang diincar oleh Man United. Ia dikenal sebagai pengatur irama permainan dan bisa ikut turun menyerang jika dibutuhkan.

Namun Modric sekaligus adalah titik lemah tim. Ia dikenal tidak terlalu tajam di depan gawang lawan. Sebagai gantinya, Nikica Jelavic yang kini main di Everton bisa dijadikan penyerang.

Pelatih Slaven Bilic tidak punya motivasi kuat untuk memenangkan timnya karena sudah terikat kontrak pindah ke Lokomotiv Moscow usai turnamen ini.

Jika salah satu tim favorit, Italia atau Spanyol, berbuat kesalahan maka Kroasia akan dengan senang hati menggantikan posisi mereka maju ke babak berikutnya.

Analisa Grup B:
Portugal akan kepayahan di Euro 2012?
Peluang Belanda besar?
Jerman salah satu favorit juara Euro 2012
Denmark gemar berikan kejutan!

Analisa Grup A:
Tim Rusia terkuat pertahanannya
Polandia paling lemah secara ranking
Yunani harus juara utk hibur rakyatnya
Ceko sibuk dengan citra kejayaan masa silam