Euro 2012: Mana grup kere, mana grup tajir?

  • Euro 2012 bakal digelar di dua negara sekaligus, Polandia dan Ukraina. Negara yang disebut pertama berpenduduk 38,5 juta orang, kira-kira cuma setara seluruh penduduk Jawa Barat. Sementara Ukraina 45,6 juta orang, kira-kira setara Jawa Barat+DKI Jakarta. Meski keduanya tuan rumah tapi keduanya paling tidak diunggulkan karena posisinya di ranking FIFA adalah 50 untuk Ukraina dan […]

Euro 2012 bakal digelar di dua negara sekaligus, Polandia dan Ukraina. Negara yang disebut pertama berpenduduk 38,5 juta orang, kira-kira cuma setara seluruh penduduk Jawa Barat. Sementara Ukraina 45,6 juta orang, kira-kira setara Jawa Barat+DKI Jakarta.

Meski keduanya tuan rumah tapi keduanya paling tidak diunggulkan karena posisinya di ranking FIFA adalah 50 untuk Ukraina dan 65 untuk Polandia. Sisanya di atas itu. Paling rendah berikutnya adalah Ceko, 26.

Kalau membicarakan grup mana yang paling layak tonton sejak laga babak penyisihan maka sebaiknya pilih Grup B karena empat tim yang bertarung di Grup B memiliki ranking 10 besar FIFA.

Mereka adalah Belanda ranking 4, Denmark 10, Jerman 2, Portugal 5. Tak heran jika grup ini dijuluki grup neraka. Empat timnas terbaik dunia berkumpul di grup ini. Tentu saja Jerman dan Belanda favorit lolos ke babak berikutnya, tapi Portugal dikenal suka memberi kejutan. Dan Denmark dalam sejarahnya suka mencuri peluang.

Ingat Euro tahun 1992. Denmark waktu itu tidak lolos babak kualifikasi, namun mereka diundang masuk ke putaran final setelah Yugoslavia yang sebenarnya lolos tengah dilanda perang saudara (dan pecah menjadi Bosnia, Montenegro, Serbia, dan Kroasia). Apa hasilnya? Siapa juaranya? Denmark!

Kalau pemain-pemain individual termahal menurut nilai transfer terakhir dihitung nilainya maka Grup B, C, dan D adalah grup yang paling layak tonton. Coba lihat hitung-hitungannya berikut ini:

GRUP A: Robert Lewandowski (Polandia, 15 juta Euro); Petr Cech (Ceko, 25 juta Euro);   Igor Akinfeev (Rusia, 17 juta Euro); Kyriakos Papadopoulos (Yunani, 9 juta Euro). Total cuma 66 juta Euro.

GROUP B: Robin van Persie (Belanda, 45 juta Euro); Cristiano Ronaldo (Portugal, 90 juta Euro); Mario Gomez (Jerman, 42 juta Euro); Christian Eriksen (Denmark, 13 juta Euro). Total 190 juta Euro.

GROUP C: Andres Iniesta (Spanyol, 65 juta Euro); Luka Modric (Kroasia, 39 juta Euro); Aiden McGeady (Rep Irlandia, 9 juta Euro); Daniele De Rossie (Italia, 32 juta Euro). Total 145 juta Euro.

GROUP D: Wayne Rooney (Inggris, 65 juta Euro); Zlatan Ibrahimovic (Swedia, 37 juta Euro); Andriy Yarmolenko (Ukraina, 9 juta Euro); Franck Ribery (Perancis, 42 juta Euro). Total 153 juta Euro.

Lupain saja Grup A. Hari tanding Grup A adalah hari tidur nyenyak untuk membalas kurang tidur pada saat nonton Grup B (paling direkomendasikan), Grup D dan akhirnya Grup C.