Euro 2012: Ngomongin duit calon juara

  • Tulisan kali ini membahas duit. Berapa duit yang bakal diterima setiap tim yang lolos ke putaran final Euro 2012? Berapa duit yang diguyurkan ke sang juara nantinya? Berapa duit yang musti disiapkan panitia penyelenggara untuk hadiah kepada semua peserta? Total uang yang disiapkan untuk hajatan bola Eropa kali ini adalah 196 juta Euro, atau setara […]

Liga Europa  - Euro 2012: Ngomongin duit calon juara

Tulisan kali ini membahas duit. Berapa duit yang bakal diterima setiap tim yang lolos ke putaran final Euro 2012? Berapa duit yang diguyurkan ke sang juara nantinya? Berapa duit yang musti disiapkan panitia penyelenggara untuk hadiah kepada semua peserta?

Total uang yang disiapkan untuk hajatan bola Eropa kali ini adalah 196 juta Euro, atau setara dengan Rp 2,3 trilyun. Sebagai perbandingan anggaran pembangunan kompleks pusat olahraga Bukit Hambalang di Sentul yang heboh itu adalah Rp 1,2 trilyun, atau kurang lebih setengahnya.

Jumlah 196 juta Euro untuk anggaran Euro 2012 ini 12 juta Euro lebih tinggi dibandingkan kejuaraan serupa tahun 2008.

Ke-16 tim yang berhasil maju ke putaran final di Polandia dan Ukraina kali ini akan mendapatkan 8 juta Euro, atau setara dengan Rp 94 milyar. Kalah atau menang mereka sudah pasti dapat Rp 94 milyar itu. Lumayan bisa buat nutup ongkos tiket pesawat dan hotel selama kejuaraan.

Mereka yang lolos dari grup akan mendapatkan tambahan 2 juta Euro atau Rp 23,4 milyar.

Jika lolos sampai semifinal? Dapat lagi 3 juta Euro atau Rp 23,1 milyar.

Mereka yang berhasil menang di final akan lebih kaya 7,5 Euro atau setara Rp 87,7 milyar.

Grup paling layak tonton di Euro 2012
Tim paling goblok dalam sejarah Euro
Tim tersukses sepanjang sejarah Euro
Top scorer sepanjang sejarah Euro
Astagaaa! Lampard cedera!