Everton Dibantai Atalanta, Ronald Koeman Bingung

  • Pelatih Everton Ronald Koeman tak habis pikir kenapa timnya menelan kekalahan telak di kandang Atalanta.

Ronald Koeman

Everton menyerah kepada Atalanta dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan pertama Grup E Liga Europa, Jumat (14/9) dini hari WIB. Pelatih Ronald Koeman sendiri tak tahu dimana letak kesalahan strategi timnya.

Dalam pertandingan di Mapei Stadium, Reggio Emilia, gawang Everton kebobolan hanya dalam durasi 18 menit terakhir babak pertama. Atalanta yang tampil agresif dengan mudahnya melesakkan tiga gol melalui Andrea Masiello (27′), Alejandro Gomez (41′) dan Bryan Cristante (44′).

Ronald Koeman mengakui bahwa Atalanta memang tampil jauh lebih, terutama di babak pertama. Namun, dia tak mau menyalahkan pemain asuhannya. Yang membuat dia tak habis pikir adalah, ini kekalahan telak kedua berturut-turut dengan jumlah gol sama setelah timnya dibantai oleh Tottenham Hotspur di ajang Liga Primer pekan lalu.

“Setelah kekalahan dari Tottenham, saya bertanya kepada diri sendiri kesalahan apa yang sudah saya lakukan, karena ini bukan penampilan yang saya inginkan. Kami menampilkan permainan yang buruk, penempatan bola kami buruk, dan kami bisa melewatkan banyak peluang, terutama di babak pertama,” kata Koeman kepada BT Sport.

“Tapi saya harus akui mereka (Everton) lebih banyak menyerang. Komitmen dan semangat yang mereka tunjukkan di babak pertama lebih besar daripada yang kami perlihatkan,” tambahnya.

Meski timnya tak bermain sesuai harapan, Koeman lebih memilih menyalahkan dirinya sendiri, bukan para pemainnya. “Ini bukan waktu atau tempat untuk mengkritik para pemain. Saya harus mengkritik diri saya sendiri karena tim tidak siap untuk malam ini,” katanya.