Everton: Jangan Pakai Warna Biru Kalau Tak Mau Digebukin

Everton menyerukan kepada fans untuk menanggalkan semua kaos ciri khas tim berwarna biru. Begini alasan yang dikemukakan.

Liga Europa  - Everton: Jangan Pakai Warna Biru Kalau Tak Mau Digebukin

Everton memperingatkan para penggemarnya untuk tidak mengenakan kaos warna klub saat mereka bepergian ke Kroasia untuk laga leg kedua Liga Europa hari Kamis melawan Hajduk Split.

Pihak berwenang di Split tidak dapat menjamin keamanan para suporter tandang Everton untuk pertandingan kedua laga Liga Europa antara Everton dan Hajduk Split pada hari Kamis jika mereka mengenakan kaos khas klub berwarna biru.

Kerumunan penonton yang menyerbu ke atas lapangan permainan merusak pertandingan leg pertama play-off Liga Champions di Goodison Park, pekan silam, menyebabkan permainan dihentikan pada menit ke-33. Kini UEFA sudah membuka proses penyelidikan terhadap kedua klub tersebut.

Polisi setempat di Kroasia mengatakan bahwa perilaku anti-sosial akan “direspons secara tegas”.

Penggemar The Toffees telah disarankan untuk tidak menampilkan bendera klub di area publik manapun.

Everton telah menjual habis total alokasi 1.400 tiket yang mereka dapatkan untuk laga Liga Europa hari Kamis – namun memiliki saran khusus untuk para penggemar yang mengikuti laga tandang mereka itu.

Para pendukung juga disarankan untuk berkumpul di zona penggemar khusus di kota lawan mereka dan akan diberikan pengawalan polisi ke stadion.

Semua pendukung Everton disarankan untuk berkumpul di lokasi ini.

Everton memimpin 2-0 dalam pertandingan tersebut saat mereka berusaha mencapai babak penyisihan utama Liga Europa.

Di masa lalu ketika Everton telah melakukan perjalanan ke kota mana pun di Eropa, tidak ada peristiwa kerusuhan kecuali pujian atas perilaku The Toffees. Di Nuremburg satu dekade yang lalu, Evertonians melakukan perjalanan dalam jumlah ribuan dan mereka disambut dengan humor dan keramahan yang baik dari penduduk setempat dan pihak berwenang. Cerita yang sama diceritakan berulang kali kemana pun penggemar Everton pergi.

Sayangnya, rakyat kota Split tidak akan bisa menikmati sisi baik dari Evertonian.