Fakta-fakta Menarik Usai Manchester United Juara Liga Europa

Fakta-fakta menarik usai Manchester United juarai Liga Europa penting untuk disimak oleh semua suporter kubu Setan Merah.

Liga Europa  - Fakta-fakta Menarik Usai Manchester United Juara Liga Europa

Berita Liga Europa – Manchester United akhirnya sukses menjuarai Liga Europa musim ini setelah mengalahkan Ajax Amsterdam di Friends Arena, Stockholm, Kamis (25/5/2017) dini hari WIB.

Sejatinya, Manchester United sempat mendapat perlawanan sengit dari kubu Ajax Amsterdam sejak menit-menit awal. Di mana, berdasarkan data statistik di situs resmi UEFA, Manchester United hanya mencatatkan 33 persen penguasaan bola, berbanding 67 persen milik Ajax.

Namun, Manchester United justru tampil lebih efektif. Di mana, mereka telah memperoleh empat peluang bagus dari enam kesempatan, sedangkan Ajax melepaskan 17 tembakan namun hanya tiga yang mengarah tepat ke gawang.

Manchester United pun akhirnya sukses mengunci kemenangan dengan skor 2-0. Sepasang gol Setan Merah disarangkan Paul Pogba pada menit ke-18 dan Henrikh Mkhitaryan menit ke-48.

Bagi Manchester United, ini adalah gelar perdana di Piala Liga Europa. Namun, mereka juga telah mengoleksi seluruh titel penting di turnamen Eropa, yakni 3 Piala/Liga Champions, satu Piala Winners, dan satu gelar Piala UEFA/Liga Europa.

Berikut ini ada beberapa fakta-fakta menarik setelah Manchester United menjuarai Liga Europa musim ini:

  1. Jose Mourinho adalah pelatih kelima yang telah memenangkan empat atau lebih trofi penting di turnamen Eropa (2 Liga Champions dan dua Piala UEFA/Liga Europa). Hanya Giovanni Trapattoni yang pernah meraih gelar lebih banyak dari Mourinho.
  2. Jose Mourinho merupakan pelatih pertama yang memenangkan dua gelar di Liga Champions (FC Porto dan Inter Milan) serta dua Piala UEFA/Liga Europa (FC Porto dan Manchester United).
  3. Sejauh ini, Jose Mourinho telah sukses meraih 12 gelar dari 14 trofi juara di kompetisi penting sebagai pelatih, termasuk gelar di Eropa.
  4. Manchester United adalah klub kelima yang meraih semua trofi penting di turnamen Eropa (3 Piala Liga Champions, satu Piala Winners, dan satu gelar Liga Europa).
  5. Henrikh Mkhitaryan berhasil mencetak enam gol dari sembilan pertandingan di Liga Europa musim ini. Dia pun menjadi pencetak gol terbanyak MU di turnamen tersebut, dan sekaligus mengungguli Zlatan Ibrahimovic yang telah mencetak lima gol.
  6. Paul Pogba untuk pertama kalinya mencetak gol secara beruntun bersama Manchester United, setelah 19 pertandingan terakhir tak bisa mencetak gol. Sebelumnya, Paul Pogba berhasil mencetak satu gol di laga terakhir Premier League musim ini dengan melawan Crystal Palace akhir pekan kemarin.