Gol bunuh diri paling gila!

26

Menurut Anda siapa pelaku gol bunuh diri terhebat dan terbesar sepanjang masa? Maksudnya, seberapa menentukan gol itu terhadap nasib sebuah klub, kerusakan yang ditimbulkannya dalam sejarah bola, dan yang paling apes, paling menyedihkan. Nomor  1 Paling Apes: Delfí Geli Peristiwa: Final UEFA Cup 2001 Tim: Liverpool (Inggris) vs Deportivo Alavés (Spanyol) Lokasi: Westfalenstadion di Dortmund, […]

Liga Europa  - Gol bunuh diri paling gila!

Menurut Anda siapa pelaku gol bunuh diri terhebat dan terbesar sepanjang masa? Maksudnya, seberapa menentukan gol itu terhadap nasib sebuah klub, kerusakan yang ditimbulkannya dalam sejarah bola, dan yang paling apes, paling menyedihkan.

Nomor  1 Paling Apes: Delfí Geli
Peristiwa: Final UEFA Cup 2001
Tim: Liverpool (Inggris) vs Deportivo Alavés (Spanyol)
Lokasi: Westfalenstadion di Dortmund, Jerman
Kapan: 16 Mei 2001

Keterangan:
Geli, sang pemain tengah Alavés ini berusaha menahan sebuah tendangan bebas yang dieksekusi Gary McAllister. Di saat yang sama penjaga gawang Martin Herrera berusaha menjangkau bola. Geli menyundul bola ke arah luar tapi si penentu nasib itu malah mengarah ke dalam gawang. Skor berubah jadi 5-4 untuk Liverpool dan laga pun usai karena itu adalah golden goal di babak perpanjangan waktu. Terasa apes betul, kan? Dan yang lebih menyedihkan, sebenarnya selama 90 menit pertandingan babak reguler Alavés berhasil menyamakan kedudukan dua kali, yakni 3-3 dan 4-4, masing-masing pada menit ke-51 dan 89. Masih untung Geli tidak bunuh diri betulan. Dua tahun setelah peristiwa memalukan itu ia pindah klub dan pensiun 2 tahun kemudian.

Nomor 2: Antoni Ramallets
Peristiwa: Final Piala Eropa 1961
Tim: Benfica (Portugal) vs Barcelona (Spanyol)
Lokasi: Wankdorf Stadium, Berne, Jerman
Kapan: 31 Mei 1961

Keterangan:
Ramallets adalah salah satu kiper terbaik Barcelona, tapi tidak malam itu. Ia berusaha menangkap bola umpan sundulan pemain bertahan Martín Vergés, tapi entah kenapa kelihatan grogi sekali, dan akhirnya masuk ke dalam gawang sendiri. Itu merupakan final Piala Eropa pertama tanpa keterlibatan Real Madrid, yang selama lima tahun pertama kejuaraan itu mendominasi dan membawa pulang trofi. Barcelona akhirnya kalah 2-3.

Nomor 3: Andrés Escobar
Peristiwa: Laga Grup A Piala Dunia 1994
Tim: Kolombia vs Amerika Serikat
Lokasi: Rose Bowl, Pasadena, AS
Kapan: 22 Juni 1994

Keterangan:
Dalam sebuah usaha untuk mencegat bola tendangan penyerang AS, John Harkes, ia malah menyebabkan bola terpantul ke dalam gawang sendiri. Itu menit ke-34 dan Kolombia yang sebelumnya sudah kalah 1-3 vs Rumania, ketinggalan 0-1. Dalam laga itu Kolombia kalah 1-2 dan tersingkir karena menduduki posisi terbawah Grup A, meski menang 2-0 dalam laga terakhir vs Swiss. Hanya berselang 6 hari kemudian, di sebuah bar di pinggiran kota Medellin, Escobar tewas ditembak dengan 12 peluru menembus tubuhnya. Saksi mata mengisahkan, si penembak meneriakkan “Gooooool” dengan gaya khas komentator Amerika Latin setiap kali melepaskan tembakan.  Desas-desus menyebut, ia ditembak karena telah menyebabkan bos-bos obat bius Kolombia kalah taruhan dalam jumlah besar akibat tendangan bunuh dirinya itu.

Nomor 4: John Arne Riise
Peristiwa: Semifinal Leg 1 Champions Cup 2008
Tim: Liverpool vs Chelsea
Lokasi: Anfield, Liverpool
Kapan: 22 April 2008

Keterangan:
Liverpool dalam posisi unggul 1-0 di kandang sendiri. Laga sudah memasuki detik-detik terakhir dengan perpanjangan waktu 4 menit ketika Riise menyundul bol ke gawang kosong miliknya sendiri. Kemenangan yang sudah di depan mata lenyap begitu saja. Riise yang baru masuk di menit 63 sebenarnya hanya berusaha mengamankan bola tendangan Salomon Kalou tapi bola sulit dikendalikan dan melayang melewati penjaga gawang Pepe Reina. Itu sungguh kesialan besar buat Liverpool karena menambah beban mereka dengan gol tandang Chelsea. Belakangan Chelsea menang 3-2 di leg kedua dan maju ke final sebelum ditaklukkan MU dengan laga penalti.

Baca juga:
Dibantai gara-gara gol bunuh diri. Siapa saja?
Mereka yang terbunuh di lapangan hijau. Ternyata ada pemain Indonesia!
149-0! Skor paling edan!
Grup paling layak tonton di Euro 2012
Gawat, fans Rusia dan Polandia bisa bunuh-bunuhan