Hasil Euro 2012: Ceko pelihara asa

6

Hasil Euro: Ceko pelihara asa. Timnas Ceko, yang dicukur 4-1 oleh Rusia di laga pertama Grup A Euro 2012, masih memiliki harapan untuk maju ke perempat final setelah di laga keduanya Rabu dinihari WIB berhasil menundukkan Yunani 2-1. Di laga ini terjadi bukan hanya satu, tapi dua gol tercepat di ajang Euro 2012, yakni menit […]

Hasil Euro: Ceko pelihara asa.

Liga Europa  - Hasil Euro 2012: Ceko pelihara asa

Timnas Ceko, yang dicukur 4-1 oleh Rusia di laga pertama Grup A Euro 2012, masih memiliki harapan untuk maju ke perempat final setelah di laga keduanya Rabu dinihari WIB berhasil menundukkan Yunani 2-1.

Di laga ini terjadi bukan hanya satu, tapi dua gol tercepat di ajang Euro 2012, yakni menit 3 dan menit 6.

Gol pertama tercipta di menit ketiga oleh Petr Jiráček. Seakan itu masih kurang. Gol kedua Republik Ceko tercipta 3 menit kemudian, di menit keenam oleh Vaclav Pilar.

Di laga ini, meski statistik dominasi bola 53-47 untuk Yunani, namun sebenarnya Ceko sedikit lebih baik dengan angka shots on target dan shots off target mencapai 2-3 dan 2-6.

Jumlah tendangan penjuru 1-4 untuk Ceko. Wasit mengeluarkan 3 kartu kuning untuk masing-masing tim.

Karena kebobolan dua gol dalam enam menit dan untuk mencegah kejatuhan moral tim dan kondisi mental si kiper, pelatih Yunani Fernando Santos menarik keluar Chalkias di menit 23, menggantinya dengan kiper cadangan Michalis Sifakis.

Tampak sekali bahwa pergantian itu sangat mendadak. Sifakis terlihat tidak siap dan buru-buru ganti kostum dan mengenakan sarung tangan secepatnya. Chalkias tampak termangu di pinggir lapangan menunggu pergantian itu.

Adalah praktek biasa kiper yang dinilai tidak memenuhi performa minimal diganti sekali pun pertandingan belum lagi masuk turun minum.

Kiper-kiper paling sial. Siapa saja?

Salah satunya tragedi kiper terbesar dalam sejarah adalah kiper AC Milan Jens Lehmann. Pada tahun itu, 1998, ia baru saja pindah dari Schalke 04 ke AC Milan. Di salah satu laga tandang vs Cahliari ia gagal mengamankan sebuah umpan silang lawan yang berujung pada gol, 1-0. Setelah itu ia malah melakukan satu pelanggaran terhadap lawan yang mengakibatkan tendangan penalti.

Pelatih Milan kala itu, Alberto Zaccheroni, lalu memutuskan menarik keluar Lehmann. Karirnya di Milan tidak bisa bertahan lama. Hanya diturunkan di 5 laga saja, ia kemudian minta keluar dan pindah ke dua tim di mana ia mendulang sukses, yakni Borussia Dortmund (1999-2003) dan Arsenal  (2003-2008).

Tahun 2006, kiper klub Le Mans di liga Perancis, Yohan Pelé, diganti karena timnya tertinggal 3-1 vs Lyon hanya dalam waktu 35 menit saja. Yohan ditarik dan diganti oleh Rodolphe Roche, yang rupanya lebih sial lagi nasibnya karena laga kemudian diakhiri dengan lima gol tambahan, 8-1.

Di level internasional tragedi kiper sial yang paling menarik dan tragis adalah laga kualifikasi antara Ghana vs Nigeria tahun 2001. Nigeria unggul 3-0 dalam waktu 35 menit saja sehingga memaksa pelatih Ghana untuk membangkucadangkan kiper James Nanor. Tapi kiper penggantinya, Osei Boateng, hanya bertahan 2 menit sebelum dikartumerah wasit. Posisi kiper diganti oleh kapten Emmanuel Kuffour yang berhasil mencegah kerusakan lebih besar.

Kembali ke gol tercepat tadi, siapakah Petr Jiráček? Pemain bertampang boros alias tua ini sebenarnya masih berusia 26 tahun. Lahir tahun 1986 dan menempati posisi sebagai pemain tengah.

Setelah selama 5 tahun bermain di 2 klub lokal Ceko, tahun 2012 ini ia baru saja direkrut VfL Wolfsburg Jerman.

Di timnas Ceko, debutnya sebenarnya baru pada tahun 2011 saat ia kemudian mencetak gol ke gawang Montenegro di laga play off kualifikasi yang berakhir 1-0.

Sementara itu Vaclav Pilar malah lebih muda lagi. Masih 23 tahun ia sudah membela Ceko sejak timnas U18 tahun 2005. Sama seperti Petr Jiráček, ia tergabung dalam klub Jerman, Wolfsburg.