Dua Klub Besar Eropa Tumbang di Ajang Liga Europa

  • Di luar dugaan dua klub besar Eropa tumbang dalam laga lanjutan kualifikasi Liga Europa yang berlangsung Jumat (23/10/2015) dinihari WIB. Ya, Tottenham Hotspur dan Fiorentina dikalahkan oleh lawan-lawannya yang kurang difavoritkan.

Hasil Liga Europa

Di luar dugaan dua klub besar Eropa tumbang dalam laga lanjutan kualifikasi Liga Europa yang berlangsung Jumat (23/10/2015) dinihari WIB. Ya, Tottenham Hotspur dan Fiorentina dikalahkan oleh lawan-lawannya yang kurang difavoritkan.

Wakil Inggris Tottenham Hotspur menyerah 1-2 dalam laga tandang melawan Anderlecht. Spurs sebenarnya unggul lebih dulu melalui Christian Eriksen pada menit ke-4. Namun wakil Belgia tersebut berhasil membalikkan keadaan jadi 2-1 berkat gol Guillaume Gillet pada menit ke-13 dan Stefano Okaka (75′).

Hasil ini membuat persaingan di Grup J menjadi ketat karena empat tim sama-sama berpeluang lolos. Tottenham yang sebelumnya memimpin klasemen, turun ke posisi kedua dengan nilai 4 dari tiga laga, sama dengan nilai Anderlecht. Sementara Monaco yang menang atas Qarabag 1-0 naik ke posisi teratas dengan nilai 6, dan Qarabag di posisi juru kunci dengan nilai 3.

Sementara itu, Fiorentina yang bermain di markasnya Artemio Franchi, menyerah 1-2 saat menjamu wakil Polandia, Lech Poznan. La Viola tertinggal 0-2 hingga injury time oleh gol-gol Dawid Kownacki pada menit ke-65 dan Maciej Gajos menit ke-82, sebelum Giuseppe Rossi memperkecil ketinggalan pada menit ke 90+2.

Kekalahan ini membuat posisi Fiorentina kian berat dan peluang lolos ke fase gugur semakin sulit karena La Viola kini berada di dasar klasemen Grup I dengan raihan tiga poin. Puncak klasemen masih ditempati oleh FC Basel (6), meski wakil Swiss itu juga mengalami kekalahan di kandang dengan skor 1-2 dari wakil Portugal, Belenenses.

Berbeda dengan Fiorentina, Lazio justru menang besar 3-1 atas tamunya Rosenborg, meski harus bermain 10 orang hampir sepanjang 90 menit. Lazio harus kehilangan bek Mauricio saat pertandingan baru berjalan enam menit setelah melanggar Jorgen Skjelvik yang punya kesempatan mencetak gol.

Lazio membuka skor saat pertandingan memasuki menit ke-28 melalui gol Alessandro Matri. Felipe Anderson menambah keunggulan tim tuan rumah jadi 2-0 menit ke-54 meneneruskan operan Matri.

Rosenborg memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 pada menit ke-69 lewat gol Alexander Soderlund. Tapi, sepuluh menit kemudian, Lazio kembali menjauh. Mereka mencetak gol ketiga lewat kaki Candreva setelah dia berhasil menyambar bola rebound dari tendangan penaltinya.

Berkat kemenangan ini, Lazio memimpin klasemen Grup G dengan koleksi tujuh poin dari tiga laga. Mereka ada di atas Saint-Etienne (4 poin), Dnipro Dnipropetrovsk (4 poin), dan Rosenborg (1 poin).