Manchester United Minta Dispensasi Ke UEFA

9

Manchester United minta pengecualian. Menurut hukum UEFA, tim tamu sudah harus berada paling jauh 45 kilometer dari stadion yang akan menjadi laga tandang 24 jam sebelumnya. Dalam kasus ini: Anfield. Tapi …

Manchester United minta pengecualian. Menurut hukum UEFA, tim tamu sudah harus berada paling jauh 45 kilometer dari stadion yang akan menjadi laga tandang 24 jam sebelumnya. Dalam kasus ini: Anfield. Tapi … 

Karena ini partai Liverpool menjamu Manchester United di ajang Liga Europa, dan karena jarak kedua kota cuma terpisahkan 55 kilometer (mirip Jakarta-Bogor) di sisi barat laut Inggris, maka manajemen Setan Merah sudah meminta dispensasi kepada UEFA untuk tidak berada di kota Liverpool atau sekitarnya pada hari Rabu waktu setempat.

Karena dekatnya jarak dua kota maka Manchester United minta mereka tetap bisa berada di lokasi latihan mereka sendiri Carrington pada hari Rabu, yaitu 24 jam sebelum laga, dan baru pada Kamis usai makan siang, atau kira-kira tujuh jam sebelum pertandingan, pindah ke sebuah hotel di Liverpool.

Jika permainan ini berlangsung di ‘continent’, istilah khas Inggris untuk menunjuk kawasan Eropa di luar Inggris, Manchester United akan harus berada di negara itu 24 jam sebelum pertandingan, dengan aturan UEFA mengharuskan sebuah tim untuk berjarak 27 mil (atau 45 kilometer) jauhnya dari stadion tempat laga.

Namun, Louis van Gaal berencana untuk berada di lokasi latihan mereka Carrington mereka pada Rabu pagi – yang hanya 34 mil (atau 55 kilometer) jauhnya dari Liverpool – seolah-olah ini adalah sebuah permainan liga domestik, dan tinggal di sebuah hotel di Manchester sebelum melakukan perjalanan ke Merseyside pada Kamis sore, ketika mereka akan menyelesaikan persiapan mereka pada sebuah hotel di Liverpool.

Sebaliknya, tim Liverpool akan tinggal di Manchester pada malam leg kedua di Old Trafford, yang berlangsung pada Kamis pekan depan waktu setempat.

Manchester United juga akan melihat sekitar 3.000 pendukungnya berbaris di Anfield dan klub akan mengirimkan jersey tandang mereka yang berwarna putih kepada mereka yang ikut bepergian, dengan pengiriman diharapkan selesai sehari sebelum pertandingan.

Semua tiket juga telah dikirimkan kepada fans, dengan Manchester United membayar biaya delivery, yang lagi-lagi berbeda dari kebiasaan sebelumnya jika laga dimainkan di luar negeri. Biasanya, para penggemar akan mengumpulkan tiket dari sejumlah outlet yang ditunjuk di beberapa kota Eropa tapi, pada kesempatan ini, tidak ada tempat yang cocok bagi fans The Red Devils.

Salah satu pilihan yang dipertimbangkan adalah toko-toko milik Everton di kota Liverpool tapi di saat yang sama mereka masih menjual tiket untuk laga perempat final Piala FA vs Chelsea pada hari Sabtu.

Liverpool telah kalah dalam lima pertandingan mereka melawan Manchester United sejak Van Gaal menjadi manager – empat di Liga Premier dan satu di laga persahabatan pra-musim pada Agustus 2014 – tapi mereka masuk ke pertandingan ini di belakang kemenangan melawan Manchester City dan Crystal Palace yang sangat meningkatkan kepercayaan diri.