Mending nonton Rusia-Yunani atau Ceko-Polandia?

Mendingan nonton Rusia-Yunani atau Ceko-Polandia? Laga ketiga di tiap grup akan dilangsungkan bersamaan guna mencegah ada main mata. Termasuk laga-laga Grup A nanti malam pukul 01.45 WIB. Kalau di RCTI sih cuma satu yang disiarkan langsung, yakni Polandia-Ceko. Pertandingan Rusia-Yunani masuk siaran tunda. Namun saluran MNC Sport 1 dan MNC Sport 2 di televisi berbayar […]

Liga Europa  - Mending nonton Rusia-Yunani atau Ceko-Polandia?

Mendingan nonton Rusia-Yunani atau Ceko-Polandia?

Laga ketiga di tiap grup akan dilangsungkan bersamaan guna mencegah ada main mata. Termasuk laga-laga Grup A nanti malam pukul 01.45 WIB. Kalau di RCTI sih cuma satu yang disiarkan langsung, yakni Polandia-Ceko. Pertandingan Rusia-Yunani masuk siaran tunda.

Namun saluran MNC Sport 1 dan MNC Sport 2 di televisi berbayar Indovision akan menyiarkan secara bersamaan kedua laga tersebut. Dari kedua laga ini, mending nonton yang mana?

Secara peluang, keempat tim masih punya peluang yang sama untuk lolos, meski Yunani mengemban beban paling berat.

Juara Eropa 2004 itu harus menang atas Rusia dengan selisih setidaknya 3 gol untuk bisa memelihara peluang maju ke perempatfinal. Itu pun dengan harapan Polandia-Ceko berakhir draw agar nilai keduanya hanya 4 dan 3, tidak mengganggu posisinya yang juga poin 4.

Jika salah satu dari Ceko atau Polandia menang maka jauh lebih berat bagi Yunani untuk bisa lolos, kecuali jika bisa menang lebih dari 3 gol atas Rusia.

Secara statistik Rusia unggul di atas kertas atas Yunani. Di sana ada Alan Dzagoev yang sudah mengukir 3 gol bersama timnya. Selain memiliki ketajaman serangan, Dzagoev juga memilik index Castrol Edge terbaik. Artinya, passing, assist, dan kemampuan skill mendasar lainnya paling baik. Dzagoev sejauh ini sudah mencoba 5 kali tendangan ke gawang lawan dengan tiga di antaranya berhasil.

Rusia juga punya Aleksandr Kerzhakov yang sejauh ini sudah menendang 10 kali ke arah gawang lawan, meski meleset. Selain Dzagoev dan Kerzhakov, ada Viacheslav Malafeev yang bermain bagus di bawah mistar Rusia. Ia ditempatkan di urutan 32 index pemain terbaik. Pemain berikutnya adalah Roman Shirokov di urutan 39, Konstantin Zyryanov di urutan 69.

Pemain terbaik Yunani menurut index tadi adalah Georgios Karagounis. Ia ada di ranking 28 deretan pemain terbaik Euro 2012 sejauh ini. Juga ada Dimitrios Salpingidis di urutan 52. Dengan begitu, kecuali Yunani bisa menemukan cara menembus gawang Rusia, laga ini akan dipenuhi gol-gol tim Rusia.

Sementara itu Ceko dan Polandia agak berimbang. Polandia gagal menang di dua laga sebelumnya, tapi juga tidak kalah. Ceko sekali kalah, sekali menang.

Pemain Polandia yang menonjol hanyalah Robert Lewandowski di ranking 38 Castrol Index. Berikutnya Sebastian Boenisch di urutan 49 dan Damien Perquis di 51 serta Marcin Wasilewski di 53. Di sisi Ceko ada Vaclav Pilar 7, Michal Kadlec 20, Jaroslav Plasil 40 dan Petr Jiracek 57.

Buat penikmat gol-gol tontonlah Rusia-Yunani yang besar kemungkinan besar akan berakhir berat sebelah. Apalagi jika Rusia berhasil menciptakan gol cepat yang menghancurkan moral juara Eropa 2004 itu. Untuk penikmat laga yang berimbang tontonlah Ceko-Polandia meski mungkin saja berakhir tanpa gol atau minim gol.