Mendung Bayangi Petualangan Arsenal di Liga Europa

Arsenal menjumpai bukan saja tandang yang jauhnya ribuan kilometer, tapi juga lawan yang keras kepala di kandangnya sendiri.

Arsene Wenger kecewa sedih
Arsene Wenger kecewa sedih

Arsenal menghadapi tantangan besar di ajang Liga Europa setelah diundi satu kelompok dengan BATE Borisov, FC Koln dan Red Star Belgrade di Grup H.

The Gunners untuk pertama kalinya akan tampil pada Kamis malam waktu setempat dalam 20 tahun masa kepelatihan Arsene Wenger di klub tersebut. Ya, ini untuk pertama kalinya Arsenal hanya mampu berkompetisi di Liga Europa, bukan Liga Champions seperti biasanya.

Dan kalau boleh jujur maka mereka akan mengharapkan hasil undian yang sedikit lebih mudah untuk memulai petualangan mereka di kasta kedua kompetisi Eropa ini.

BATE Borisov memberi mereka perjalanan ribuan kilometer ke tepi benua biru itu. Sementara Red Star Belgrade sudah lama dikenal sukar ditaklukkan di kandangnya sendiri.

Kendati demikian, tim Wenger masuk dalam kompetisi sebagai favorit kuat pada tahap awal ini. Dengan persaingan untuk juara domestik menjadi lebih ketat dari musim lalu, Arsenal dapat melihat ajang Liga Europa ini sebagai kesempatan yang layak untuk lolos ke Liga Champions tahun depan.

Di samping Arsenal, yang juga favorit adalah AC Milan yang baru saja menerima suntikan banyak duit dari investor baru mereka yang kaya raya, klub asuhan Roberto Mancini (Zenit St Petersburg) dan dua tim La Liga, Athletic Bilbao dan Real Sociedad.

Pesaing kuat lainnya adalah tim rival Arsenal di Liga Inggris, Everton, yang masuk dalam kompetisi ini untuk ketiga kalinya dalam sembilan musim terakhir.

The Toffees juga telah mendapat hasil imbang yang sulit menghadapi Lyon, Atalanta dan Limassol, meski laga tandang ke selatan Prancis, Bergamo dan Siprus akan menjadi hiburan bagi klub tersebut.

Kedua tim Inggris akan sangat ingin menghindari permainan yang sulit di awal grup dan juga perjalanan yang melelahkan ke sisi lain benua Eropa sebelum pulang ke rumah untuk pertandingan akhir pekan di Premier League.

BATE Borisov adalah klub Belarusia, sebuah negara bekas pecahan Uni Soviet di dekat perbatasan Rusia. Butuh waktu sekitar 5-6 jam penerbangan untuk sampai ke sini dan itu bisa menguras tenaga para pemain The Gunners.

Hasil Drawing Liga Europa selengkapnya:

Group A: Villarreal, Maccabi Tel-Aviv, Astana, Slavia Prague

Group B: Dynamo Kiev, Young Boys, Partizan, Skënderbeu

Group C: Braga, Ludogorets, Hoffenheim, İstanbul Başakşehir

Group D: AC Milan, Austria Wien, Rijeka, AEK Athens

Group E: Lyon, Everton, Atalanta, Apollon Limassol

Group F: Copenhagen, Lokomotiv Moskva, Sheriff Tiraspol, Zlín

Group G: Viktoria Plzen, FCSB, Hapoel Beer-Sheva, Lugano

Group H: Arsenal, BATE Borisov, Koln, Crvena Zvezda

Group I: Salzburg, Marseille, Vitória Guimarães, Konyaspor

Group J: Athletic Bilbao, Hertha Berlin, Zorya Luhansk, Östersund

Group K: Lazio, Nice, Zulte Waregem, Vitesse

Group L: Zenit, Real Sociedad, Rosenborg, Vardar

Sepakbola.cc