Prediksi Jerman vs Portugal: Titik lemah Ronaldo dkk

6

Portugal memiliki semua yang diinginkan untuk meraih Piala Euro 2012. Portugal adalah satu-satunya tim di Grup B yang belum meraih trofi bergengsi di kawasan Eropa itu. Pernah jadi finalis di kandang sendiri tahun 2004, Portugal justru kalah di final. Namun jika tahun ini mereka berhasil juara –setelah mengalahkan setidaknya dua mantan juara Euro di Grup […]

Liga Europa  - Prediksi Jerman vs Portugal: Titik lemah Ronaldo dkk

Portugal memiliki semua yang diinginkan untuk meraih Piala Euro 2012. Portugal adalah satu-satunya tim di Grup B yang belum meraih trofi bergengsi di kawasan Eropa itu. Pernah jadi finalis di kandang sendiri tahun 2004, Portugal justru kalah di final.

Namun jika tahun ini mereka berhasil juara –setelah mengalahkan setidaknya dua mantan juara Euro di Grup B untuk bisa lolos ke perempatfinal– maka setidaknya Ronaldo bisa berbangga hati, dan peluang gelar pemain terbaik dunia bisa jatuh padanya, bukan Lionel Messi.

Namun oleh para analis, usaha menuju ke sana tidaklah mudah. Betul bahwa pelatih Paulo Bento sudah banyak membentuk tim menjadi jauh lebih bagus daripada di bawah era Carlos Queiroz. Waktu itu Portugal malah kalah di laga terakhir babak kualifikasi melawan Denmark, lawan yang kini akan dihadapinya lagi.

Persoalan serius Portugal adalah tidak mampu memproduksi penyerang top selama bertahun-tahun setelah era Eusebio dan Luis Figo. Ronaldo dan Nani akan mengemban misi berat itu, bertanggung jawab atas ketajaman lini depan timnas mereka.

Ronaldo baru saja mengalami sebuah musim yang menyenangkan bersama Real Madrid. Tapi apakah momentumnya masih terjaga baik, atau justru kelelahan? Dan sialnya, saat paling dibutuhkan justru Bento, di posisi gelandang menyerang, cedera lutut dan tak bisa ikut serta.

Tersisa Nuno Gomes yang sudah berusia 36 tahun Juli nanti dan Helder Postiga. Yang disebut terakhir ini mencetak lima gol selama kualifikasi, namun seluruhnya diukir di kandang sendiri.

Ada Pepe di tengah pertahanan. Namun Ricardo Carvalho dan Jose Bosingwa yang biasanya ada di sana tidak dibawa serta ke Polandia-Ukraina kali ini karena alasan-alasan non-teknis. Padahal pengalaman Carvalho dan Bosingwa yang suka membantu menyerang di klubnya, Chelsea, akan sangat membantu.

Pelatih Paulo Bento dikenal sebagai raja taktik. Pengetahuan itu dibutuhkan jika Portugal bisa lolos dari Grup B dan main di sistem gugur mulai perempatfinal. Situasi saat ini, salah satunya kekalahan 1-3 vs Turki, yang menyebabkan catatan timnya hanya 1 menang dari 6 laga, bukanlah kondisi moral yang diharapkan.

Kalau Jerman hendak menjatuhkan mental Portugal maka mereka harus menyerang cepat di awal laga karena tim Portugal dalam kondisi mental yang buruk dan tidak bisa cukup punya kepercayaan diri.