Ronald Koeman Tahu Alasan Perkelahian Everton vs Lyon

Ronald Koeman mengatakan bahwa dia mengerti mengapa kekalahan Everton dari Lyon di ajang Liga Europa berubah menjadi perkelahian.

Ronald Koeman
Ronald Koeman

Everton akan menghadapi penyelidikan UEFA terhadap insiden perkelahian saat mereka dikalahkan oleh Lyon 2-1 dalam laga Liga Europa, Jumat (20/10) dini hari WIB. Kekalahan itu kian memperkecil peluang mereka untuk lolos ke fase knockout.

Ashley Williams memicu kericuhan tersebut dengan mendorong kiper Lyon, Anthony Lopes di dalam kotak penalti saat ia melompat untuk menangkap bola.

Perkelahian tersebut terjadi di belakang gawang Lyon, di mana para pemain dengan marah mendorong dan bergulat satu sama lain.

Dan pada satu momen, sepertinya beberapa suporter Everton mencoba untuk terlibat, termasuk yang salah satu suporter Everton yang sambil menggendong anaknya, ikut memukul kepala kiper Lyon.

Williams yang kemudian mencetak gol penyeimbang dalam kekalahan 2-1 Everton atas Lyon, mengklaim bahwa insiden itu terjadi hanya karena emosi para pemain sedang tinggi.

Tapi pelatih Everton Ronald Koeman menganggap perkelahian itu dipicu oleh rasa frustrasi pemainnya terhadap wasit selama pertandingan.

“Saya tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Ada banyak pemain yang terlibat. Baik itu dimulai dengan Ashley dan sang kiper (Lyon),” kata Koeman.

“Tapi kemarahan dan frustrasi berkembang bagi pemain saya setelah wasit tidak melakukan apapun tentang sejumlah aksi yang dilakukan para pemain Lyon.”

“Nabil Fakir salah satunya, yang 10 kali melakukan diving, tapi sang wasit tidak berbuat apa-apa.”

“Saya mengerti pemain saya, insiden itu terjadi karena mereka merasa fustrasi. Anda perlu mengatasinya. Saya tidak tahu apa yang terjadi tapi saya bisa memahaminya.”

Kapten klub Williams, yang mencetak gol penyeimbang Everton setelah Fakir menciptakan gol pembuka bagi tim tamu mengatakan: “Inilah sepakbola. Memang begitu adanya. Kami ingin menang dan begitu juga mereka. Hal-hal ini terjadi.”

Sepakbola.cc