Tolak nyanyikan lagu kebangsaan, Llajic dipecat

  • Adem Ljajic dicoret dari dari skuad tim nasional Serbia gara-gara ia tak bernyanyi alias diam ketika rekan-rekan setimnya menyanyikan lagu kebangsaan Serbia sesaat sebelum kick-off laga persahabatan melawan timnas Spanyol, Sabtu (26/5) lalu. Rupanya sikap diam striker Fiorentina itu menyalahi kode etik yang ditetapkan oleh pelatih Sinisa Mihajlovic. Sang pelatih pun memecatnya dari skuad, sehingga […]

Adem Ljajic dicoret dari dari skuad tim nasional Serbia gara-gara ia tak bernyanyi alias diam ketika rekan-rekan setimnya menyanyikan lagu kebangsaan Serbia sesaat sebelum kick-off laga persahabatan melawan timnas Spanyol, Sabtu (26/5) lalu.

Rupanya sikap diam striker Fiorentina itu menyalahi kode etik yang ditetapkan oleh pelatih Sinisa Mihajlovic. Sang pelatih pun memecatnya dari skuad, sehingga Ljajic tak bisa lagi mengikuti dua laga persahabatan melawan Prancis dan Swedia.

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh federasi sepakbola Serbia disebutkan bawah Ljajic menolak menyanyikan lagu kebangsaan Serbia lantaran bertentangan dengan keyakinan pribadinya (sebagai muslim).

“Ljajic dipulangkan ke rumah dari tim yang menjalani tur Eropa dan keputusan ini berdasarkan kode etik yang ditetapkan oleh pelatih Sinisa Mihajlovic yang telah dilanggar oleh Ljajic,” demikian pernyataan Federasi Sepakbola Serbia.

“Ljajic bilang ke Mihajlovic bahwa dia menolak untuk menyanyikan lagu kebangsaan karena tidak sesuai dengan keyakinan pribadinya dan dia tidak akan mengubah posisinya terkait hal ini,” lanjut pernyataan itu.

Sebagaimana diketahui, Ljajic berasal dari kelompok minoritas Muslim Serbia, yang kebanyakan berasal dari etnis Bosnia dan Albania. Diketahui, selama ini pemerintah Serbia kurang memperhatikan kelompok Muslim yang jumlahnya 3 persen lebih dari total populasi.