UEFA Kabulkan Dispensasi Manchester United

  • Manchester United diperbolehkan untuk tinggal dan berlatih di lapangan mereka sendiri menjelang pertandingan tandang Liga Europa Kamis malam waktu lokal di Liverpool, setelah mendapat dispensasi khusus dari UEFA.


Manchester United diperbolehkan untuk tinggal dan berlatih di lapangan mereka sendiri menjelang pertandingan tandang Liga Europa Kamis malam waktu lokal di Liverpool, setelah mendapat dispensasi khusus dari UEFA.

Di bawah aturan UEFA saat ini, tim tandang di kompetisi Eropa harus berada pada jarak 45 kilometer jauhnya dari lokasi stadion tuan rumah pada 24 jam sebelum pertandingan. Skuad Manchester United biasanya tinggal di sebuah hotel di Salford menjelang pertandingan tandang liga domestik.

Namun, jarak yang hanya 55 kilometer jauhnya dari Carrington ke Anfield berarti klub Setan Merah itu mungkin tidak perlu menghadapi prospek melakukan perjalanan tandang ke Liverpool sehari lebih awal menjelang laga leg pertama 16 besar Liga Europa. Kompleks latihan Manchester United, Carrington, hanya 10 kilometer di luar jarak yang biasa diizinkan oleh UEFA.

Setelah permintaan banding dari Manchester United, UEFA kini memberi dispensasi khusus yang memungkinkan klub untuk tetap berada di Manchester pada Rabu malam waktu setempat.

Skuad Louis van Gaal diharapkan akan berlatih seperti biasanya di Carrington pada Rabu pagi dan melakukan perjalanan ke Liverpool pada hari berikutnya. Sementara itu, untuk leg kedua, Liverpool diharapkan untuk tinggal di Manchester sehari sebelum pertandingan.

Jika permainan ini berlangsung di ‘continent’, istilah khas Inggris untuk menunjuk kawasan Eropa di luar Inggris, Manchester United akan harus berada di negara itu 24 jam sebelum pertandingan, dengan aturan UEFA mengharuskan sebuah tim untuk berjarak 27 mil (atau 45 kilometer) jauhnya dari stadion tempat laga.

Namun, Louis van Gaal berencana untuk berada di lokasi latihan mereka Carrington mereka pada Rabu pagi – yang hanya 34 mil (atau 55 kilometer) jauhnya dari Liverpool – seolah-olah ini adalah sebuah permainan liga domestik, dan tinggal di sebuah hotel di Manchester sebelum melakukan perjalanan ke Merseyside pada Kamis sore, ketika mereka akan menyelesaikan persiapan mereka pada sebuah hotel di Liverpool.

Pertandingan Kamis (atau Jumat dinihari WIB) itu akan menjadi pertama kalinya kedua klub Inggris telah bertemu di sepak bola Eropa.