Liga Sepakbola Rusia Mencaplok Tiga Klub Asal Ukraina

50

  Dalam sebuah langkah yang akan merugikan citra Rusia dan Piala Dunia 2018 di mata dunia, liga sepakbola negeri beruang putih itu memutuskan untuk mencaplok tiga klub dari Ukraina. Hal ini terjadi hanya dalam kurun waktu lima bulan saja setelah Rusia menganeksasi Krimea, sebuah semenanjung di selatan negara Ukraina. Kasus ini akan menguji sejauh mana […]

 

Liga Sepakbola Rusia Mencaplok Tiga Klub Asal Ukraina - berita Internasional Liga Champions
Dalam sebuah langkah yang akan merugikan citra Rusia dan Piala Dunia 2018 di mata dunia, liga sepakbola negeri beruang putih itu memutuskan untuk mencaplok tiga klub dari Ukraina. Hal ini terjadi hanya dalam kurun waktu lima bulan saja setelah Rusia menganeksasi Krimea, sebuah semenanjung di selatan negara Ukraina.

Kasus ini akan menguji sejauh mana hubungan romantis terjalin antara negara tuan rumah Piala Dunia 2018 itu dan badan sepakbola dunia, FIFA.

Tiga klub di semenanjung Krimea, yakni SKChF Sevastopol, Zhemchuzhina Yalta dan Tavria Simferopol, akan segera meninggalkan sepakbola Ukraina dan bermain di divisi dua selatan, bagian dari kasta ketiga sistem liga Rusia, demikian asosiasi sepakbola Rusia (RFU) mengumumkan dalam sebuah pernyataan.

Para pejabat sepak bola Ukraina meminta FIFA dan UEFA untuk campur tangan masalah ini, mengatakan Rusia tidak memiliki hak untuk menjalankan aktivitas olahraga pada apa yang Ukraina anggap sebagai wilayahnya.

Liga Sepakbola Rusia Mencaplok Tiga Klub Asal Ukraina - berita Internasional Liga Champions

Sebelum ini FIFA telah menolak seruan agar Piala Dunia 2018 di Rusia dibatalkan, menyusul penembakan pesawat sipil Malaysia Airlines MH17 di atas Ukraina.

“Kita tidak bisa melampui wewenang FIFA dan UEFA,” kata juru bicara Federasi Sepak Bola Ukraina Pavel Ternovoi. “Kami berharap bahwa dalam waktu dekat badan-badan ini mengambil keputusan yang sesuai.”

Sementara Krimea di selatan bisa menghindari berkecamuknya kekerasan, tidak demikian halnya dengan kawasan timur Ukraina.

Liga Sepakbola Rusia Mencaplok Tiga Klub Asal Ukraina - berita Internasional Liga Champions

Juara Liga Ukraina, Shakhtar Donetsk, telah dipaksa untuk bermain sepakbola di pengasingan, yakni memindahkan markasnya dari kota Donetsk ke kota Lviv, dekat perbatasan dengan Polandia. Kota Lviv ini adalah sebuah kota dengan penduduk berbahasa Ukraina, yang secara budaya merupakan kebalikan dari kota Donetsk di timur Ukraina yang sebagian besar berbahasa Rusia dan penuh pabrik.

Liga Sepakbola Rusia Mencaplok Tiga Klub Asal Ukraina - berita Internasional Liga Champions

Enam pemain Shakhtar, semuanya dari Amerika Selatan, menolak untuk kembali ke klub menjelang musim baru, karena menguatirkan keselamatan mereka. Beberapa orang dari mereka sekarang dilaporkan dalam pembicaraan untuk transfer ke klub di negara-negara Eropa lainnya.

Perwakilan Ukraina lainnya di Liga Champions adalah Dnipro Dnipropetrovsk, yang memainkan laga kandang di ibukota Kiev. Pada laga Eropa pertamanya musim ini, yakni kualifikasi putaran ketiga melawan FC Copenhagen, terganggu kekerasan di kerumunan penonton Rabu lalu, sehingga mendorong investigasi UEFA.

Sejak Rusia mencaplok Semenanjung Krimea bulan Maret 2014, telah terdaftar sebanyak lima klub baru di sana.

Sergei Stepashin, mantan perdana menteri Rusia yang duduk di komite eksekutif RFU, mengatakan kepada media lokal bahwa “sanksi mungkin saja terjadi” jika Rusia mencaplok klub-klub Krimea ke dalam liga Rusia, tetapi mereka memiliki “keraguan” hal itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.

RFU ingin Menteri Olahraga Vitaly Mutko, anggota komite eksekutif FIFA, untuk melobi Presiden FIFA Sepp Blatter dalam masalah ini, kata Stepashin.

Kantor FIFA dan UEFA di Swiss tutup pada hari Jumat, hari libur nasional. Upaya untuk memperoleh tanggapan para pejabat terkait belum bisa dilakukan.

Beberapa politisi Eropa, termasuk Wakil Perdana Menteri Inggris Nick Clegg, ingin agar Rusia dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Tapi FIFA sejauh ini telah mendukung Rusia, mengatakan turnamen “dapat mendorong perubahan positif” di negeri tersebut. Presiden FIFA Sepp Blatter telah berkali-kali menolak seruan untuk membatalkan hak Rusia atas turnamen itu setelah peristiwa aneksasi Crimea.

Seperti menambah hinaan atas ketidakmampuan dunia internasional, Rusia sebelumnya mengatakan bahwa semenanjung Krimea akan menjadi lokasi markas-markas pelatihan peserta selama turnamen Piala Dunia 2018.

Sementara kawasan timur Ukraina hangus ditelan pertempuran antara tentara dan pemberontak Ukraina pro-Rusia, Krimea tetap damai dan sepenuhnya di bawah kendali pemerintah Rusia.

Liga Sepakbola Rusia Mencaplok Tiga Klub Asal Ukraina - berita Internasional Liga Champions
Dengan lebih dari 1.000 orang tewas, termasuk 298 penumpang dan awak dari Malaysia Airlines MH17, dan banyak lagi pengungsi, konflik di timur Ukraina telah menyentuh semua aspek kehidupan sehari-hari.

 

Pekan lalu, klub Premier League Ukraina Zorya Luhansk, yang kotanya menjadi basis bagi milisi bersenjata pro-Rusia, memposting foto-foto kerusakan stadion yang disebabkan oleh tembakan mortir, yang menghancurkan kursi-kursi stadion dan menyebabkan kerusakan lapangan.

Liga Sepakbola Rusia Mencaplok Tiga Klub Asal Ukraina - berita Internasional Liga Champions