Dua Pemain Ex Liga Spanyol Ikut Tewas

35

Tragedi jatuhnya pesawat yang mengangkut para pemain Chapecoensa ternyata ada dua pesepakbola yang pernah merumput di Liga Spanyol.

Internasional  - Dua Pemain Ex Liga Spanyol Ikut Tewas

Internasional  - Dua Pemain Ex Liga Spanyol Ikut Tewas

 

Tragedi jatuhnya pesawat yang mengangkut para pemain Chapecoensa ternyata ada dua pesepakbola yang pernah merumput di Liga Spanyol.

Dua korban yang tewas dalam tragedi jatuhnya pesawat yang membawa skuat Chapecoensa adalah Cleber Santana, yang pernah memperkuat dua klub Spanyol dan Filipe Machado.

Santana yang pernah bermain di Liga Spanyol bersama Atletico Madrid dan Real Mallorca menjadi salah satu dari 75 korban tewas jatuhnya pesawat LaMia Airlines Flight 2933.

Gelandang yang lahir pada 27 Juni 38 tahun lalu itu pernah dibeli oleh Atletico dari Santos FC seharga Rp 86 miliar dan dikontrak selama tiga musim pada Juli 2007.

Almarhum tidak mendapatkan tempat di tim utama, meski Santana bermain sebanyak 23 laga Liga Spanyol di bawah asuhan Javier Aguirre.

Musim berikutnya ia dipinjamkan ke Real Mallorca selama satu musim dan mencetak gol pertama kala meladeni Athletic Bilbao.

Dua dari lima gol yang dibuat Santana adalah gol kemenangan ke gawang FC Barcelona yang sudah dinobatkan sebagai jawara liga musim dan ke gawang Real Madrid pekan berikutnya dimana Mallorca menang 3-1.

Santana kembali ke Atletico pada musim berikutnya dan membubuhkan tanda tangan kontrak baru yang mengikatnya hingga 2012, tapi pada transfer musim dingin ia dilepas ke Sao Paolo FC.

Selain Santana, ada satu pesepakbola yang pernah merumput di Liga Spanyol lainnya yang menjadi korban, yaitu Filipe Machado yang pernah membela Pontevedra CF di divisi Segunda B atau kasta ketiga.

Machado yang bermain sebagai bek ini bermain di Spanyol selama satu musim, yaitu 2006/07 dan kemudian hengkang ke Liga Portugal bersama UD Leiria.

Sayang, ia berselisih dengan pelatih Leiria saat itu dan tidak lama kemudian hengkang ke CSKA Sofia.

Sementara eks Villarreal Alejandro Martinuccio tidak turut dalam pesawat naas tersebut karena sedang menderita cedera.

Martinuccio bergabung ke The Yellow Submarine dengan status pemain pinjaman pada Januari 2012 selama enam bulan sebelum kembali ke Amerika Selatan.