Luis Suarez Terancam Gagal Tampil di Copa America

  • Striker milik tim Katalan ini mendapat cedera saat laga final Copa Del Rey yang mempertemukan Barcelona dan Sevilla di Vicente Calderon.

Striker milik tim Katalan ini mendapat cedera saat laga final Copa Del Rey yang mempertemukan Barcelona dan Sevilla di Vicente Calderon.

Luis Suarez diharapkan untuk terbang ke Amerika Serikat dan bergabung dengan Timnas Uruguay dalam turnamen akbar benua Amerika, Copa America. Tapi kemungkinan besar ia akan absen dalam pertandingan pembuka melawan Meksiko pada 5 Juni nanti akibat cedera hamstring yang dideritanya.

Tim ofisial Barcelona mengatakan tes pada Senin lalu memastikan bahwa Suarez mengalami cedera hamstring. Pihak klub mengatakan sang striker akan memulai program rehabilitasinya di Barcelona sebelum bergabung dengan skuad Uruguay pada tanggal 1 Juni di Amerika Serikat, dimana “ia akan melanjutkan tahap kedua dari program rehabilitasinya.”

Pihak klub tidak memberi penjelasan tentang berapa lama Suarez harus absen, tapi cedera hamstring biasanya memerlukan waktu sekitar satu bulan waktu penyembuhan. Uruguay memulai turnamen Copa America mereka melawan Meksiko pada tanggal 5 Juni nanti. Lalu mereka akan menghadapi lawan selanjutnya, Venezuela pada 9 Juni dan Jamaika pada 13 Juni.

Suarez terlihat sedih dan menitikkan air mata saat diganti di menit ke-56 pada pertandingan final Copa del Rey Senin lalu. Dan tak lama kemudian ia mengeluarkan kicauan di Twitter bahwa ia berharap cederanya tak parah agar ia bisa segera bergabung dengan Timnas Uruguay minggu depan.

Striker Uruguay tersebut mengalami cedera saat melakukan peregangan sebelum babak kedua dimulai. Ia sempat mencoba menahan rasa sakitnya dengan menekan-nekankan tangannya ke bagian belakang pahanya sebelum akhirnya jatuh ketanah dan meminta bantuan tim medis. Lalu tim medis membawanya keluar lapangan, dan ia terlihat menangis di bangku cadangan sembari dihibur oleh rekan setimnya.

Suarez sendiri menjadi pemain penting bagi Barcelona pada kompetisi musim ini. Dia mencetak 14 gol dalam 5 pertandingan terakhirnya. Ia menyelesaikan musim kompetisi 2015-16 dengan mencetak total 59 gol di semua kompetisi dan menjadi top scorer di La Liga dengan 40 golnya, terpaut 5 gol dari sang mega bintang Cristiano Ronaldo yang berada di tempat kedua.