Malaysia Bebas Pilih Grup di SEA Games, Menpora Kesal

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku kesal dan tidak puas dengan sistem pengundian di SEA Games 2017.

Imam Nahrawi
Imam Nahrawi

Berita Sea Games – Imam Nahrawi mengaku kecewa dengan pengundian cabang olahraga sepak bola dan fustal di SEA Games 2017, yang menguntungkan tuan rumah.

Pada sistem pengudian SEA Games kali ini, Malaysia sebagai tuan rumah mendapatkan kebebasan memilih grup.

Langkah ini diyakini tidak adil sebab Negeri Jiran bisa memilih grup dengan tim-tim lemah sehingga membuat banyak pihak menyatakan protes.

Selain Indonesia, Vietnam dan Laos pun menyatakan kekecewaannya dan meminta agar dilakukan pengundian secara adil.

Keistimewaan yang dilakukan Malaysia tersebut dianggap melanggar prinsip profesionalisme dan objektivitas olahraga.

Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga pun meminta Chef de Mission (CdM) Indonesia Aziz Syamsudin untuk melakukan renegosiasi ulang terkait proses pengundian.

“Saya akan meminta CdM untuk melakukan renegosiasi. Jangan sampai kita memberikan peluang tidak adil kepada siapapun. Lakukanlah pengundian secara adil,” ujar Imam pada Senin (03/07) seperti dikutip dari Kompas.

“Rencana Malaysia yang sangat tidak adil itu tidak boleh diteruskan. Tentu saja saya sangat menyesali kalau sampai dilakukan, meski hal tersebut menjadi semacam otoritas [prerogatif] bagi tuan rumah. Kita harus menjunjung tinggi fair play,” tambahnya.

Sementara itu Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan memberikan keterangan resmi sebagai bagian dari keputusan kolektif negara-negara AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN).

Kabarnya AFF sepakat mengirimkan surat petisi berbentuk keterangan resmi tentang prosedur pengundian kepada panitia pelaksana SEA Games, setelah melakukan rapat dewan di Nha Trang, Vietnam pada Sabtu (01/07) lalu.

“Keterangan resmi akan diberikan terkait undian tersebut sebagai keputusan kolektif negara-negara AFF,” ujar Joko Driyono seperti dikutip dari Antara.

Pengundian cabor sepak bola dan futsal sendiri akan digelar pada Sabtu (08/07) nanti di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sepakbola.cc