Mantan Bos Barcelona Dukung Kemerdekaan Catalonia Dari Spanyol

Pep Guardiola, mantan bos Barcelona dan saat ini manajer Bayern Munich, sekali lagi secara terbuka membela ide referendum yang akan diadakan pada 9 November 2014 nanti, guna memastikan kemerdekaan dan pemisahan provinsi Catalonia dari negara Spanyol. “Ekspresi utama demokrasi adalah memberikan suara dalam referendum,” kata  Guardiola soal pemungutan suara yang oleh pemerintahan Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, dianggap sebagai tidak konstitusional dan […]

Internasional Liga Spanyol Xtra Time  - Mantan Bos Barcelona Dukung Kemerdekaan Catalonia Dari Spanyol
Pep Guardiola, mantan bos Barcelona dan saat ini manajer Bayern Munich, sekali lagi secara terbuka membela ide referendum yang akan diadakan pada 9 November 2014 nanti, guna memastikan kemerdekaan dan pemisahan provinsi Catalonia dari negara Spanyol.

“Ekspresi utama demokrasi adalah memberikan suara dalam referendum,” kata  Guardiola soal pemungutan suara yang oleh pemerintahan Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, dianggap sebagai tidak konstitusional dan tidak akan diakui keabsahannya.

Video yang mendorong rakyat Catalonia untuk pergi ke bilik-bilik suara dan memberikan pendapatnya ini dirilis satu minggu sebelum perayaan Diada pada tanggal 11 September, hari nasional Catalonia, yang antara lain mencakup demonstrasi massal di kota Barcelona guna mendukung kemerdekaan daerah mereka itu.

Mantan pemain Barcelona ini tidak pernah mencoba untuk menyembunyikan ideologi separatisnya. Dia sebelumnya menunjukkan dukungannya untuk referendum kemerdekaan di acara dukungan serupa pada bulan Juni lalu di Berlin, Jerman.

Selama Diada tahun lalu dibentuk ribuan rantai manusia melintasi Catalonia dari utara ke selatan sebagai aksi menyerukan pemisahan diri, dan pada saat itu Guardiola juga datang menyuarakan dukungannya.

“Tidak ada tindakan yang lebih demokratis. Jika orang tidak setuju dengan kemerdekaan negara ini maka mereka memiliki kesempatan unik, yang tidak akan terulang, untuk mengekspresikan hal itu. Hukum mengubah hukum. Tapi rakyatlah yang menyerukan agar perubahan itu terjadi,” katanya saat itu.

Lihat video keren soal kampanye pemisahan Catalonia itu di bawah ini:

Sepakbola.cc