Berita Bola - Menang di Final Asian Games, Pemain Korsel Bebas Wajib Militer 2 Tahun -

Tuan rumah Korea Selatan mengalahkan Korea Utara 1-0 dengan tendangan voli jelang detik-detik terakhir perpanjangan waktu untuk memenangkan final sepakbola pria Asian Games, Kamis kemarin.

Pemain bertahan Rim Chang Woo menghancurkan gawang lawan dari jarak dekat untuk memberikan pukulan KO yang sangat emosional, memberikan gelar keempat mereka dan yang pertama sejak 1986.

Ketika peluit akhir ditiup beberapa saat kemudian kerumunan penonton sebanyak 47.000 orang yang basah diguyur hujan meledak dalam kegembiraan, sementara para pemain kedua kubu menangis karena ketegangan selama 120 menit.

Sebagai imbalan atas kemenangan dramatis dan simbolis mereka di Incheon, pemain Korea Selatan akan dibebaskan dari kewajiban militer selama dua tahun.

Tim tuan rumah beruntung bisa bertahan di waktu laga normal ketika sundulan keras Pak Kwang Ryong menghantam mistar gawang setelah 75 menit untuk Utara, pada sebuah laga yang dimainkan hanya 195 km dari perbatasan yang sangat menegangkan di dunia.

Korea Selatan mendominasi sebagian besar laga namun kehilangan banyak kesempatan.

Gol kemenangan lahir dari sebuah sepak pojok yang disenggol masuk oleh Lee Yong Jae dan tampaknya telah melewati garis gawang sebelum Rim memastikannya dengan tendangan voli keras.

Pelatih Korea Utara Yun Jong Su kelihatan marah-marah terhadap para ofisial pertandingan sementara para pemainnya menangis tak terkendali. Di sisi satunya para pemain Korea Selatan merayakan kemenangan dengan bersemangat.

Kedua negara secara teknis masih berperang karena Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.