Menurut Data Ini, Barcelona Rugi, Liverpool Untung Besar

18

Data ini sebenarnya cuma mau melihat, pada rata-rata umur berapa sih pemain yang dipilih masuk dalam Best XI menurut Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA) Liga Inggris. Dengan kata lain, berapa rata-rata umur puncak seorang pemain sepakbola, jika Liga Premier bisa dianggap mewakili. Ditemukan, rata-rata umur puncak seorang pemain bola adalah 27 tahun. Dengan data itu maka kita bisa bilang, Wayne […]

Internasional Liga Inggris Liga Spanyol  - Menurut Data Ini, Barcelona Rugi, Liverpool Untung Besar
Data ini sebenarnya cuma mau melihat, pada rata-rata umur berapa sih pemain yang dipilih masuk dalam Best XI menurut Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA) Liga Inggris. Dengan kata lain, berapa rata-rata umur puncak seorang pemain sepakbola, jika Liga Premier bisa dianggap mewakili.

Ditemukan, rata-rata umur puncak seorang pemain bola adalah 27 tahun.

Dengan data itu maka kita bisa bilang, Wayne Rooney dari tim Manchester United sudah melewati masa puncaknya.

Musim lalu, Paul Scholes sudah pernah menyatakan bahwa mantan rekan setimnya di Manchester United dan Inggris itu sudah berpotensi melewati masa puncaknya sebagai pemain.

Angka-angka menunjukkan bahwa usia rata-rata pemain sepak bola yang dipilih masuk dalam Best XI PFA Liga Premier selama 22 musim terakhir adalah 27 tahun, dengan mayoritas pemain dipilih mulai pertengahan 20-an tahun sampai akhir 20-an.

Internasional Liga Inggris Liga Spanyol  - Menurut Data Ini, Barcelona Rugi, Liverpool Untung Besar

Hasil penelitian ini juga dapat memberikan hiburan bagi penggemar Liverpool menyusul penjualan Luis Suarez ke Barcelona. Musim lalu, pemain Uruguay itu terpilih masuk dalam Tim PFA Terbaik dan menyapu beberapa penghargaan individu pada usia berapa? 27 tahun.

Dengan kata lain, Suarez sudah melewati masa puncaknya.

Itu berarti uang 75 juta pound (Rp 1,46 Trilyun) yang klub Merseyside terima dari Barca sudah mewakili nilai maksimum untuk pemain yang telah mencapai potensi terbaiknya.

Jelas, statistik bukan satu-satunya panduan konkret untuk memperkirakan masa ketika seorang pemain akan mencapai puncaknya. Bukan juga memastikan bahwa 27 tahun adalah usia ajaib untuk melihat potensi pemain.

Sebagai yang Luke Shaw perlihatkan musim lalu, masih 18 tahun, dalam debut penuh musim pertama dengan tim Southampton, sudah bisa membuatnya masuk hitungan. Atau 41 tahun di penghujung karirnya, seperti yang kiper Edwin van der Saar dapatkan musim 2010/11.

Tapi tidak ada pemain yang lebih menonjol daripada gelandang Liverpool Steven Gerrard.

Pemain 34 tahun itu, yang baru saja pensiun dari tugas internasional bersama Inggris, telah dipilih delapan kali masuk dalam Best XI, termasuk tim musim lalu setelah memimpin Liverpool membuat kejutan dengan finish urutan kedua.

Enam pemain telah muncul enam kali di Best XI, yakni: Thierry Henry, Ryan Giggs, Rio Ferdinand, Patrick Vieira, Gary Neville dan Alan Shearer.