Mereka yang terbunuh di lapangan hijau. Siapa saja?

  • Hati-hati, main bola bisa lho berakhir dengan kematian. Menurut Anda, berapa banyak pemain bola yang sudah mati di lapangan hijau akibat serangan jantung atau luka atau pneumonia atau serangan petir? Satu? 10? 20? Menurut catatan sejarah, setidaknya sudah ada 87 orang pemain berbagai klub atau timnas yang mati di lapangan hijau sejak tahun 1889 sampai […]

Internasional Liga Indonesia  - Mereka yang terbunuh di lapangan hijau. Siapa saja?

Hati-hati, main bola bisa lho berakhir dengan kematian. Menurut Anda, berapa banyak pemain bola yang sudah mati di lapangan hijau akibat serangan jantung atau luka atau pneumonia atau serangan petir? Satu? 10? 20?

Menurut catatan sejarah, setidaknya sudah ada 87 orang pemain berbagai klub atau timnas yang mati di lapangan hijau sejak tahun 1889 sampai saat ini.

Terakhir kali pada bulan April 2012 adalah Piermario Morosini, pemain klub Serie B Italia, Livorno. Tayangan rekaman pertandingan yang bisa disaksikan di Youtube memperlihatkan Morosini berusaha bangkit beberapa kali namun terjatuh berulang-ulang. Sialnya, wasit tidak melihat adegan itu dan meneruskan permainan sampai beberapa saat kemudian.

Penyelidikan setelah kematian menyimpulkan ia terkena serangan jantung saat main bola.

Sebelum itu bulan Maret 2012, seorang pemain bola sebuah klub di India meninggal karena serangan jantung di akhir laga. Sebelumnya lagi, mungkin Anda ingat di November 2011, seorang pemain asal Nigeria, mati di lapangan bola dalam sebuah kompetisi di Belgia.

Kira-kira ada 12 kematian pemain bola di seluruh dunia sejak Agustus 2009 sampai saat ini, dan seluruhnya berkaitan dengan jantung.

Sebelum Agustus 2009 ada yang mati karena dipukuli fans lawan, tabrakan antar pemain, luka lainnya. Salah satunya menimpa pemain PKT Bontang Jumadi Abdi saat laga melawa Persela Lamongan, 15 Maret 2009. Pemain Persela Denny Tarkas menendang perutnya dalam salah satu perebutan bola. Ia terjatuh dan meninggal 8 hari kemudian karena infeksi parah.Insiden itu terjadi satu hari setelah Jumadi Abdi berulang tahun tanggal 14 Maret.

Pada tahun 2002 ada 2 pemain yang mati karena tersambar petir saat main bola. Keduanya asal klub Deportivo Cali, Kolombia.

Pada tahun 2000, pemain asal Indonesia lainnya yang meninggal di lapangan hijau adalah Eri Irianto asal Persebaya Surabaya. Ia meninggal tanggal 2 April 2000 karena gagal jantung setelah laga antara Persebaya vs PSIM Yogyakarta.

Grup paling layak tonton di Euro 2012
Tim paling goblok dalam sejarah Euro
Tim tersukses sepanjang sejarah Euro
Top scorer sepanjang sejarah Euro
Astagaaa! Lampard cedera!