Mesir jumpa Kamerun di final

Mesir berpeluang mempertahankan gelar juara Piala Afrika setelah mereka berhasil lolos ke final dengan mengalahkan Pantai Gading 4-1 di semifinal Kamis (7/2) malam. Di final mereka akan ditantang Kamerun. Kamerun merebut tiket ke final setelah menyingkirkan tim favorit dan tuan rumah Ghana 1-0 lewat gol yang dicetak Alain Nkong pada menit ke 71 di Stadion […]

Mesir berpeluang mempertahankan gelar juara Piala Afrika setelah mereka berhasil lolos ke final dengan mengalahkan Pantai Gading 4-1 di semifinal Kamis (7/2) malam. Di final mereka akan ditantang Kamerun.

Kamerun merebut tiket ke final setelah menyingkirkan tim favorit dan tuan rumah Ghana 1-0 lewat gol yang dicetak Alain Nkong pada menit ke 71 di Stadion Ohene Djan, Accra, Ghana.

Sementara gol yang memastikan kemenangan telak Mesir atas Pantai Gading dicetak oleh Ahmed Fathy (21), Amr Zaky (62,67) Mohamed Aboutrika (90). Sedangkan gol balasan Pantai Gading dicetak oleh Abdelkader Keita (63).

Bagi Pantai Gading, ini adalah pil pahit kedua yang mereka terima dari Mesir dalam upaya merebut mahkota juara Piala Afrika. Pada final tahun 2006 lalu di Kairo, mereka gagal merebut juara karena dikalahkan Mesir lewat adu penalti.

“Mereka layak menang. Saya pikir mereka memiliki seorang kiper yang luar biasa. Semoga mereka sukses,” kata striker Pantai Gading Didier Drogba yang tiga peluang golnya berhasil dipatahkan kiper Mesir, Essam Al Hadari.

Pertandingan final kejuaraan dua tahunan ini akan berlangsung Minggu (10/2) di Stadion Ohene Djan, Accra, Ghana.
***