Miroslav Klose Pensiun!

Miroslav Klose, pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Dunia, memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Jerman sebulan setelah tim memenangkan gelar juara dunia untuk keempat kalinya.

Pemain 36 tahun itu mencetak dua gol di Brasil, membuatnya menjadi pemain dengan gol terbanyak dalam sejarah turnamen dengan 16 gol, satu angka di atas pemain Brasil Ronaldo Lima. Dengan total karir 71 gol, Klose juga mencatat gol tertinggi untuk timnas Jerman. Ia juga pemain kedua paling sering membela Jerman kedua dengan 137 pertandingan.

“Trofi di Brasil memenuhi mimpi masa kecil saya,” kata Klose dalam pernyataan yang dimuat di situs tim nasional Jerman, Senin.

“Saya bangga dan senang bahwa saya dapat memberikan kontribusi untuk sukses besar ini bagi sepakbola Jerman. Tidak ada waktu yang lebih baik untuk menutup bab tim nasional,” kata Klose.

Klose adalah pemain kedua dari tim pemenang Piala Dunia yang mundur setelah kapten Philipp Lahm. Sementara pensiun Lahm datang sebagai sebua kejutan, langkah Klose ini sudah ditunggu-tunggu.

Pensiunnya kedua orang itu akan ditandai dengan sebuah upacara sebelum laga persahabatan tanggal 3 September melawan Argentina, yang dikalahkan Jerman 1-0 di final Piala Dunia. Namun kedua orang ini tidak akan bermain atas dasar keinginan mereka sendiri, kata federasi sepakbola Jerman.

Pelatih Jerman Joachim Loew memuji Klose seorang “bintang dunia,” dan sebagai “salah satu striker terbesar dalam sepakbola.”

Lahir di Polandia, Klose pindah bersama dengan keluarganya ke Jerman pada usia sangat dini dan selalu bermain untuk tanah air barunya.

Klose melakukan debut sebagai peman pengganti di kualifikasi Piala Dunia melawan Albania pada tanggal 24 Maret 2001 dan mencetak gol kemenangan, 2-1.

Ia bermain untuk Kaiserslautern, Werder Bremen dan Bayern Munich di Bundesliga sebelum pindah ke Lazio pada tahun 2011.

Berikut adalah ke-16 gol Klose di turnamen Piala Dunia:

Advertisement