AS Monaco Juara Liga Prancis Setelah 17 Tahun

Kemenangan 2-0 atas Saint Etienne Kamis (18/5) dini hari WIB mengantarkan AS Monaco tampil sebagai juara Ligue 1 Prancis.

Liga Prancis – AS Monaco kembali menjadi juara Ligue 1 Prancis setelah menunggu selama 17 tahun. Keberhasilan mereka juga sekaligus mengakhiri dominasi Paris Saint Germain (PSG).

Langkah Monaco menjadi juara dipastikan setelah mereka mengalahkan Saint Etienne dengan skor 2-0 dalam laga tunda pekan 31 Ligue 1 di Stade Louis II, Kamis (18/5) dini hari WIB. Gol kemenangan tim tuan rumah dicetak oleh¬†Kylian Mbappe (19) dan Valere Germain (90′).

Dengan tambahan tiga poin ini, Monaco dipastikan jadi juara meski kompetisi Ligue 1 masih menyisakan satu laga lagi. Dengan koleksi 92 poin, mereka tak mungkin dikejar oleh PSG yang berada di posisi kedua dengan mengumpulkan 86 poin.

AS Monaco terakhir kali memenangi mahkota juara Ligue 1 pada musim 1999-2000. Dengan demikian mereka baru kembali ke singgasana juara lagi setelah berjuang selama 17 tahun.

Sukses mereka ini pun sekaligus mematahkan dominasi PSG yang selalu menjadi juara dalam empat musim terakhir berturut-turut. PSG menjadi juara Liga Prancis sejak musim 2012-13 hingga 215-16. Monaco sendiri dalam empat musim itu hanya menjadi pesaing utama PSG.

Dengan sisa satu pertandingan lagi, maka Liga Prancis sudah punya tiga wakil yang akan lolos ke Liga Champoins musim depan. Mereka adalah Monaco, PSG dan Nice. Sedangkang Lyon dan Olympique Marseille yang finis di peringkat keempat dan kelima akan bermain di Liga Europa.

Sepakbola.cc