Neymar Terseret Kasus Kecurangan Pajak Petinggi Barcelona FC

21

Mantan presiden Barcelona Sandro Rosell pada hari Selasa lalu muncul di depan pengadilan, membela keabsahan kontrak striker Brasil, Neymar. Ia diperiksa oleh pengadilan Spanyol yang menyelidiki kemungkinan kejahatan pajak oleh klub raksasa Spanyol tersebut. Rosell mengatakan kepada Pengadilan Nasional Madrid bahwa semua kontrak yang terkait dengan pengeluaran sebesar Rp 1,33 Trilyun tahun lalu saat penandatanganan Neymar ‘dilakukan dengan sempurna’ […]

Internasional Liga Spanyol  - Neymar Terseret Kasus Kecurangan Pajak Petinggi Barcelona FC

Mantan presiden Barcelona Sandro Rosell pada hari Selasa lalu muncul di depan pengadilan, membela keabsahan kontrak striker Brasil, Neymar. Ia diperiksa oleh pengadilan Spanyol yang menyelidiki kemungkinan kejahatan pajak oleh klub raksasa Spanyol tersebut.

Rosell mengatakan kepada Pengadilan Nasional Madrid bahwa semua kontrak yang terkait dengan pengeluaran sebesar Rp 1,33 Trilyun tahun lalu saat penandatanganan Neymar ‘dilakukan dengan sempurna’ dan menghormati hukum.

Sebuah surat panggilan dilayangkan bulan juni lalu terhadap Rosell dan klub sepakbola itu guna tampil di depan pengadilan sebagai tersangka tindak pidana pajak dalam kontrak atas nama Neymar.

Jika dugaan kecurangan pajak itu benar terjadi maka pemerintah Spanyol kehilangan potensi pemasukan pajak sebesar total Rp 183 Milyar mulai 2011 sampai 2014. Internasional Liga Spanyol  - Neymar Terseret Kasus Kecurangan Pajak Petinggi Barcelona FC

Rosell mengundurkan diri dari manajemen Barcelona pada bulan Januari 2014 saat ia menghadapi tuduhan melakukan penyalahgunaan dana karena tidak mengungkapkan tujuan dari semua uang yang dihabiskannya untuk merekrut penyerang Brasil berusia 22 tahun musim panas lalu.

Klub ini kemudian mengungkapkan, seluruh biaya operasional termasuk bonus penandatangan Neymar, komisi, penawaran marketing, sumbangan untuk yayasan milik Neymar dan perjanjian lainnya mencapai nilai sebesar Rp 1,33 Trilyun, jauh di atas Rp 883,9 Milyar seperti yang pertama kali diumumkan oleh Barcelona.

Akibatnya, Barcelona kemudian didakwa atas penipuan pajak.

Rosell berdalih, ada “banyak kerahasiaan dan kehati-hatian ekstra” saat penandatanganan Neymar karena ada “kepentingan yang luar biasa besar dari klub lain terhadap si pemain.”

Barcelona percaya dan mengharapkan bahwa dengan pernyataan ini di pengadilan akan membuat jelas bahwa itu bertindak dengan benar setiap saat,” tambah pernyataan resmi manajemen Barcelona.