Nil tak masalahkan kartu merah

Timnas Indonesia menyerah 0-2 kepada Korea Utara dalam pertandingan ujicoba  di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (10/9) malam. Dua gol kemenangan Korea lahir setelah Indonesia harus bermain 10 orang menyusul kartu merah yang didapat bek tengah Hamdi Ramdhan di menit ke 65. Hamdi Ramdhan diganjar kartu merah langsung setelah ia mentekel dari […]

Internasional Liga Indonesia  - Nil tak masalahkan kartu merahTimnas Indonesia menyerah 0-2 kepada Korea Utara dalam pertandingan ujicoba  di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (10/9) malam. Dua gol kemenangan Korea lahir setelah Indonesia harus bermain 10 orang menyusul kartu merah yang didapat bek tengah Hamdi Ramdhan di menit ke 65.

Hamdi Ramdhan diganjar kartu merah langsung setelah ia mentekel dari belakang pemain Korea So Tae-Song di luar kotak penalti. Pelanggaran tersebut berbuah tendangan bebas bagi Korea yang berhasil dimaksimalkan menjadi gol oleh Park Song-Chol. Korea pun unggul 1-0 di menit ke 66.

Kehilangan pemain andalan di lini pertahanan membuat pertahanan Tim Merah Putih menjadi rapuh. Hal itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Korea untuk mencetak gol tambahan pada menit pada menit ke 75. Sebuah umpan silang ditanduk An Il-Bom ke gawang. Kiper Endra Prasetyo mampu menepisnya, tetapi bola mengarah ke Jong Il-Gwan yang langsung menendangnya ke gawang dan gol.

Walau kalah, pelatih Indonesia, Nil Maizar, mengaku cukup puas dengan performa timnya. Okto Maniani dan kawan-kawan mampu memberikan perlawanan dan mengimbangi permainan Korea baik sepanjang babak pertama maupun babak kedua. Nil juga tidak mempermasalahkan kartu merah yang didapat Hamdi.

“Hamdi sudah meminta maaf. Saya katakan tak apa-apa. Kadang, pemain belakang secara naluri pasti melakukan tekel seperti itu. Apalagi, posisi pemain Korut sangat menguntungkan untuk mencetak gol,” kata Nil setelah pertandingan.

“Mudah-mudahan semua bisa dibenahi, karena masih ada dua bulan untuk perbaikan tim. Tim ini masih butuh proses. Secara keseluruhan, dua babak tak terlalu berbeda bagi kami. Ada sedikit lubang yang perlu ditambal,” lanjutnya.